Share

2 Fungsi Penyelenggaraan Pemerintahan, Apa Saja?

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 08 Maret 2022 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 08 624 2558034 2-fungsi-penyelenggaraan-pemerintahan-apa-saja-yFnqnqsWJQ.jpg Ilustrasi penyelenggaraan pemerintah (Foto: MNC Portal)

JAKARTA - Pemerintah merupakan layanan dalam kehidupan bermasyarakat yang biasanya mengatur hubungan antara manusia dengan setiap kelompok termasuk dalam keluarga.

Pemerintah modern, dengan kata lain pada hakikatnya adalah pelayanan kepada masyarakat. Pemerintah tidaklah diadakan untuk melayani diri sendiri, tetapi untuk melayani masyarakat, menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap anggota mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya demi mencapai kemajuan bersama.

Meski begitu, fungsi penyelenggaraan bisa dijalankan apabila pemerintah yang satu terhubung dengan pemerintah yang lain secara harmonis dalam hal ini pemerintah pusat dan daerah. Berikut adalah fungsi penyelenggaraan pemerintah.

Baca juga: 6 Kewenangan Pemerintah Pusat, Apa Saja?

1. Fungsi Primer

Tujuan utama dibentuknya pemerintahan adalah untuk menjaga suatu sistem ketertiban dimana masyarakat bisa menjalani kehidupannya secara wajar. Dalam fungsi primer, penyelenggaraan pemerintahan dibedakan sebagai berikut ini:

a. Fungsi Pelayanan

Fungsi utama pemerintah adalah memberikan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di semua sektor. Masyarakat tak akan dapat berdiri sendiri memenuhi kebutuhan tanpa adanya pemerintah yang memberikan pelayanan.

Pelayanan publik pada dasarnya menyangkut aspek kehidupan yang sangat luas. Dalam kehidupan bernegara, pemerintah memiliki fungsi memberikan pelayanan publik yang diperlukan oleh masyarakat, mulai dari pelayanan dalam bentuk pengaturan atau pun pelayanan-pelayanan lain dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan lainnya.

Baca juga: Proses Terbentuknya Norma Dalam Masyarakat

b. Fungsi Pengaturan

Pemerintah memiliki fungsi regulating ) ialah pemerintah mengatur seluruh sektor dalam masyarakat dengan kebijakan-kebijakan dalam bentuk perundang-undangan entah berupa peraturan pemerintah,ataukah peraturan-peraturan yang lain. Sebagian maksud dari fungsi ini adalah agar stabilitas negara terjaga, dan pertumbuhan negara sesuai yang diinginkan.

2. Fungsi Sekunder

Fungsi sekunder merupakan tugas dan fungsi pemerintah di bidang pemberdayaan maupun di bidang pembangunan masyarakat secara keseluruhan. Dalam fungsi sekunder, penyelenggaraan pemerintahan dibedakan sebagai berikut ini:

a. Fungsi Pembangunan

Fungsi pembangunan dijalankan apabila situasi dan kondisi masyarakat mulai melemah dan pembangunan akan dikontrol ketika kondisi masyarakat membaik (menuju taraf yang lebih sejahtera). Fungsi ini akan banyak ditemui di negara-negara berkembang sedangkan, untuk Negara maju fungsi ini hanya akan dilakukan seperlunya.

b. Fungsi Pemberdayaan

Fungsi ini akan dijalankan oleh pemerintah apabila masyarakat sudah tidak mempunyai skill maupun kemampuan untuk bisa keluar zona aman, ini tugas pemerintah dalam fungsi pemberdayaan. Salah satu contoh yaitu ketika kondisi masyarakat dalam keadaan tidak memiliki pengetahuan, dalam taraf kemiskinan,dalam keadaan tertindas, dan lain sebagainya.

Demikian 2 fungsi yang perlu diketahui dalam penyelenggaraan pemerintahan. Semoga bermanfaat!

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini