Share

Proses Terbentuknya Norma Dalam Masyarakat

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Selasa 08 Februari 2022 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 08 65 2544176 proses-terbentuknya-norma-dalam-masyarakat-42QJHm4qAo.jpg Proses terbentuknya norma dalam masyarakat/ okezone

JAKARTA - Proses terbentuknya norma dalam masyarakat akan dibahas dalam artikel ini. Sebelumnya, anda dapat membaca tentang apa itu norma, fungsi dan juga jenisnya pada artikel Apa Yang Dimaksud Dengan Norma? Fungsi dan Jenisnya.

(Baca juga: 4 Macam Norma Menurut Bidangnya, Penjelasan dan Contoh)

Seperti yang kita ketahui, norma lekat dengan kehidupan bermasyarakat. Hal ini didasari oleh keinginan untuk dapat hidup berdampingan dengan rukun dan damai. Maka dari itu, norma yang merupakan pedoman dan pengendali kehidupan bermasyarakat tentunya akan selalu ada.

Nah, pada kesempatan kali ini Okezone telah merangkum dari berbagai sumber dan akan menjelaskan bagaimana proses terbentuknya norma dalam masyarakat. Berikut penjelasannya.

Proses Terbentuknya Norma Dalam Masyarakat

Didasari dari sifat dasar manusia, yaitu mahluk sosial. Manusia sebagai mahluk sosial tentunya tidak dapat hidup sendiri. Pasti akan selalu membutuhkan orang lain. Selain itu, manusia memiliki akal, pikiran, dan nafsu. Setiap kepala tentunya memiliki perbedaan pemikiran, keyakinan, dan keinginan. Maka dari itu, meskipun mahluk sosial selalu membutuhkan orang lain, namun pada kenyataannya sering terjadi gesekan atau benturan kepentingan.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti berselisih paham tentang perbedaan kepentingan, maka dibentuklah sebuah norma. Pancasila menjadi landasan dasar dibentuknya sebuah norma. Sehingga, norma ada untuk menjadi pedoman kehidupan dan menjaga keseimbangan kehidupan bermasyarakat.

Ada empat norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, yaitu norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, dan norma hukum. Tentunya, akan ada sanksi atau hukuman bagi mereka yang melanggar norma-norma tersebut. 

Follow Berita Okezone di Google News

Seperti hukuman sosial dari masyarakat, hukuman yang diberikan oleh pemerintah, maupun hukuman rasa bersalah dan penyesalan yang datang dari hati nurani setiap individu yang melakukan pelanggaran.

Nah, demikian rangkuman tentang bagimana proses terbentuknya norma dalam masyarakat yang telah Okezone rangkum dari berbagai sumber. Sebagai manusia, hendaknya kita mengikuti norma yang berlaku agar menciptakan kehidupan yang aman dan damai.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini