Share

Sederet Kampus yang Menerima KJMU, Tidak Hanya di Jakarta!

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 06 Maret 2022 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 04 65 2556165 sederet-kampus-yang-menerima-kjmu-tidak-hanya-di-jakarta-G4hSw8p6CO.jpg KJMU. (Foto: PemprovDKI)

JAKARTA - Untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, pemerintah membuat berbagai program agar putra-putri bangsa bisa menyelesaikan studinya. Salah satu program yang dijalankan pemerintah ialah Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU).

KJMU merupakan program pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon atau mahasiswa PTN maupun PTS dari keluarga tidak mampu. Syarat utama mengikuti KJMU ialah berdomisili dan memiliki KTP DKI Jakarta.

Program ini pun sudah diterapkan di beberapa universitas yang ada di Indonesia. Berikut adalah beberapa kampus yang menerima KJMU.

• Institut Pertanian Bogor

IPB merupakan salah satu universitas negeri yang bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam program KJMU. Universitas ini terletak di kota Bogor. IPB memiliki 39 program studi untuk S1 dan 18 program studi vokasi.

• Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

IAIN Bengkulu merupakan salah satu Institut Agama Islam Negeri yang menjalin kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam program KJMU. IAIN ini terletak di Selebar, kota Bengkulu. Kampus ini mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT.

• Institut Agama Islam Negeri Salatiga

IAIN Salatiga tercatat menjadi salah satu Institut Agama Islam Negeri yang bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam program KJMU. Institut yang terletak di Tentara Pelajar, Salatiga ini terakreditasi B oleh BAN-PT.

• Universitas Lampung

Universitas Lampung adalah salah satu kampus yang bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam program KJMU. Kampus yang terletak di Kota Bandar Lampung ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

• Universitas Jember

Universitas Jember telah terakreditasi A oleh BAN-PT pada tahun 2020 dan berlaku hingga tahun 2025. Kampus ini menjalin kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam program KJMU. Universitas Jember terletak di Krajan, Sumbersari, Jember.

• Universitas Indonesia

UI terletak di kota Depok dan sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Kampus ini memiliki 64 program studi dalam rumpun ilmu saintek dan soshum. Kampus ini juga menjalin kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam program KJMU.

• Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Institut Seni Indonesia Yogyakarta terletak di Jl Parangtritis, Sewon, Bantul, Yogyakarta. ISI Yogyakarta memiliki 18 program studi dengan rumpun ilmu soshum. Institut ini sudah menjalin kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam program KJMU. Kampus ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

• Universitas Jenderal Soedirman

Universitas Jenderal Soedirman memiliki 39 program studi dalam rumpun ilmu soshum dan saintek. Unsoed terletak di Purwokerto Utara, Banyumas, Jawa Tengah. Kampus ini sudah menjalin kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam program KJMU. Unsoed juga sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

• Politeknik Negeri Jakarta

Politeknik Negeri Jakarta menjalin kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam program KJMU. Letak politeknik ini berada di Depok, dekat dengan kampus UI. PNJ memiliki 7 jurusan dengan jenjang D3 dan D4.

• Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya terletak di Kota Palembang. Kampus ini sudah menjalin kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam program KJMU. Universitas Sriwijaya memiliki 56 program studi yang terbagi dalam dua rumpun ilmu, saintek dan soshum.

• Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

UPN Veteran Jakarta memiliki dua lokasi kampus yaitu di Kampus Pondok Labu dan Kampus Limo yang keduanya berada di Jakarta Selatan. Universitas ini telah menjalin kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam program KJMU. Total prodi di kampus ini adalah 20, dengan dua rumpun ilmu yakni saintek dan soshum.

• Universitas Sumatera Utara

USU memiliki total program studi sebanyak 49 yang terbagi dalam rumpun ilmu saintek dan soshum. Universitas yang berada di Kota Medan ini jugatelah menjalin kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam program KJMU.

*Melansir dari berbagai sumber,

Maria Alexandra Fedho/Litbang MPI

 

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini