Share

Apa yang Dimaksud dengan Demokrasi Pancasila?

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Jum'at 25 Februari 2022 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 25 624 2552988 apa-yang-dimaksud-dengan-demokrasi-pancasila-0L0ls9kcQE.jpg Pancasila (Foto: Ist)

JAKARTA - Apa yang dimaksud dengan Demokrasi Pancasila? Pertanyaan semacam ini sering muncul di beberapa mata pelajaran soal Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila.

Sebagai warga negara Indonesia, ada baiknya kita juga mengetahui arti dari Demokrasi Pancasila yang saat ini diterapkan oleh Indonesia.

Baca Juga:  Kedudukan Pancasila sebagai Ideologi Terbuka, Berikut Penjelasannya

Sejak awal kemerdekaan 17 Agustus 1945, Indonesia menganut sistem demokrasi yang berarti semua warga negara memiliki hak dan kesempatan yang setara dalam berkontribusi pengambilan keputusan yang akan mempengaruhi kehidupan bangsa. Demokrasi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu “demos” yang berarti rakyat dan “krotos” yang berarti pemerintahan.

Menurut Abraham Lincoln, demokrasi adalah sebuah sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Lalu, apa yang dimaksud dengan Demokrasi Pancasila? Berikut penjelasannya.

Apa yang Dimaksud dengan Demokrasi Pancasila?

Menurut buku karya Mohammad Hatta yang berjudul Karya Lengkap Bung Hatta. Buku I: Kebangsaan dan Kerakyatan, Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang berdasarkan kekeluargaan dan gotong-royong yang ditujukan kepada kesejahteraan rakyat, yang mengandung unsur-unsur berkesadaran religius, berdasarkan kebenaran, kecintaan dan budi pekerti luhur, berkepribadian Indonesia dan berkesinambungan.

Baca Juga:  Arti Penting Mempertahankan Pancasila sebagai Dasar Negara, Rakyat Indonesia Wajib Mengerti

Mengutip dari jurnal karya Agustam yang berjudul Konsepsi dan Implementasi Demokrasi Pancasila Dalam Sistem Perpolitikan Di Indonesia , pada rancangan TAP MPR RI Demokrasi Pancasila adalah norma yang mengatur penyelenggaraan kedaulatan rakyat dan penyelenggaraan pemerintahan negara, dalam kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan, bagi setiap warga negara Republik Indonesia, organisasi kekuatan sosial politik, organisasi kemasyarakatan, dan lembaga kemasyarakatan lainnya serta lembagalembaga negara baik di pusat maupun di daerah.

Sehingga dapat disimpulkan bawa Demokrasi Pancasila merupakan sebuah paham demokrasi yang bersumber dari nilai-nilai yang ada di dalam ideologi Pancasila. Di mana, pada ideologi tersebut dibentuk dari kepribadian dan falsafah bangsa Indonesia. Sehingga Demokrasi Pancasila dianggap sudah sesuai dengan kehidupan bangsa Indonesia.

Demikian penjelasan dari Okezone mengenai pertanyaan Apa Yang Dimaksud Dengan Demokrasi Pancasila? Semoga jawaban ini membantu Anda.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini