Share

3 Mahasiswa Ini Lulus Kuliah S1 dengan Cepat

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 20 Februari 2022 08:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 17 65 2548672 3-mahasiswa-ini-lulus-kuliah-s1-dengan-cepat-g9IUCjKHcG.jpg Ilustrasi wisuda. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Lulus S1 dengan cepat merupakan dambaan para mahasiswa. Mereka melakukan beragam cara untuk mewujudkannya. Tak hanya lulus dengan cepat, mereka juga mempunyai nilai IPK yang sangat memuaskan.

Berikut mahasiswa yang lulus kuliah S1 dengan cepat.

Resa Nurfatimah Sobandi

Resa Nurfatimah Sobandi merupakan lulusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Padjajaran, Bandung. Dia dapat menyelesaikan S1-nya dalam waktu 2 tahun 10 bulan. Perempuan yang akrab disapa Eca ini berhasil lulus dengan IPK 3,8. Hal tersebut membuatnya menjadi wisudawan dengan lulusan tercepat pada Wisuda Gelombang IV Unpad Tahun Akademik 2012/2013.

Dari dulu, Eca memang sudah tertarik dengan sastra Inggris. Namun setelah dipelajari di kampus, dia pun semakin tertarik dengan budaya Inggris. Di FIB Unpad, menurut Eca, tidak hanya sekadar belajar grammar namun juga belajar ilmu hidup.

Semenjak awal kuliah, Eca telah banyak berdiskusi dengan dosen dan orang tuanya terkait lulus kuliah dengan cepat. Terlebih lagi, ada seniornya yang juga berhasil lulus kuliah kurang dari 3 tahun. Hal tersebut membuat semangat untuk mengejar target yang diimpikan Eca.

Richard H Kurniawan

Richard H Kurniawan tidak menyangka bahwa dirinya dapat lulus dalam waktu tiga tahun dari jurusan Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Indonesia. Dia mampu lulus dengan IPK 3,83. Ketika kecil, dia merupakan pecandu game.

Sang ibu berusaha melakukan berbagai cara untuk menjauhkannya dari game. Masuk Fasilkom UI bukan murni pilihannya. Awalnya dia berniat masuk ke Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN). Namun keinginannya ditolak sang ibu. Kemudian sang ayah pun menyarankan untuk masuk Fasilkom UI.

Richard masuk Fasilkom UI pada 2013. Selama di kampus, Richard menantang dirinya untuk berbuat lebih baik lagi. Hasil gemblengan selama sekolah SMA Taruna Nusantara diterapkannya ketika di kampus. Sebelum dinyatakan lulus dari UI, Richard sudah diterima di Renmin University of China.

Muhammad Harry Prayoga

Muhammad Harry Prayoga merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Universitas Negeri Yogyakarta. Ia berhasil menjadi wisudawan terbaik dan tercepat pada Wisuda UNY yang diselenggarakan pada November 2019.

Pria yang akrab disapa Harry ini dapat menyelesaikan S1-nya dalam waktu 3 tahun 2 bulan dengan IPK 3,87. Keterbatasan ekonomi keluarga tidak mengurangi semangat Harry untuk menyelesaikan kuliah dengan cepat. Ketika awal kuliah, Harry merasakan hal berat karena jauh dari orang tua. Terlebih sang ibu baru terkena PHK.

Alhasil ekonomi keluarganya tergantung dari pendapatan sang ayah sebagai petani. Dari hal tersebut, dia mencari uang tambahan dengan mengikuti lomba hingga kerja paruh waktu di Jogja. Harry mengatakan bahwa dengan keterbatasan ekonomi bukan menjadi alasan untuk tidak dapat mengenyam pendidikan tinggi dan lulus dengan cepat.

Diolah dari berbagai sumber

Tika Vidya Utami/Utami

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini