Share

Daftar Tokoh dengan IQ Selangit, Siapa Saja?

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 31 Januari 2022 08:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 624 2538730 daftar-tokoh-dengan-iq-selangit-siapa-saja-nzrUviXaDr.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Memiliki IQ dengan nilai yang tinggi sering kali menjadi kebanggaan tersendiri bagi seseorang. Beberapa ilmuwan seperti Albert Einstein dicatat dalam sejarah sebagai salah satu orang dengan IQ tertinggi sepanjang sejarah.

Selain Albert Einstein, masih ada beberapa orang lain yang disebut-sebut memiliki IQ lebih tinggi dari ilmuwan terkenal tersebut, berikut di antaranya.


• William Sidis, Penulis dan Profesor (IQ 250-300)

Meski tidak memiliki angka akurat, banyak pihak yang berpendapat bahwa William memiliki skor IQ mencapai 300. Saat umurnya 2 tahun, ia sudah bisa membaca dan menjadikan New York Times sebagai bahan bacaan rutin setiap pagi.

Ketika menginjak usia 8 tahun, ia menulis buku tentang anatomi dan astronomi. Pada tahun 1909, saat umurnya 11 tahun, William Sidis memecahkan rekor sebagai orang termuda yang pernah diterima di Universitas Harvard.

Dia juga disebutkan fasih berbicara dalam 25 bahasa, dan bahkan menciptakan bahasanya sendiri. Namun, ia dikabarkan merupakan pria kesepian dan tidak memiliki banyak teman sebelum meninggal pada usia 46 tahun.

• Terence Tao, Profesor Matematika (IQ 230)

Lahir dari orangtua imigran asal Hong Kong yang bermukim di Australia pada tahun 1975, Terence Tao memiliki skor IQ sebesar 230. Usianya masih 2 tahun ketika ia mengajarkan aritmatika dan bahasa Inggris pada kerabatnya yang berusia 5 tahun.

Saat usianya masih 9 tahun, ia mengambil kursus universitas di bidang matematika dan mendapatkan skor lebih dari 700 di bagian matematika SAT.

ia telah membuat banyak kontribusi di bidang matematika lewat berbagai penghargaan yang diterimanya, seperti Fields Medal pada tahun 2006, MacArthur Fellowship, dan keanggotaan American Academy of Arts and Sciences dan National Academy of Sciences.

Di tahun 2013, ia dikabarkan telah menerbitkan lebih dari 250 makalah penelitian dan 17 buku.

• Marilyn vos Savant, Penulis (IQ 228)

Ia merupakan pemegang posisi Guinness Book of Records sebagai orang dengan IQ tertinggi yang tercatat, dengan IQ mencapai 228. Skor ini dicapainya ketika melakukan tes di usia 10 tahun dengan menggunakan metode Stanford-Binet.

Dia menulis solusi untuk Monty Hall Problem di kolom 1990, dan membuka kolomnya sendiri di majalah Parade yang berjudul “Ask Marilyn” sejak tahun 1986.

• Leonardo da Vinci, Polymath (IQ 220)

Legenda seni Lukis yang telah melahirkan dua karya terkenal berjudul Mona Lisa dan The Last Supper ini rupanya tidak hanya pandai di satu bidang. Ia merupakan polymath, atau orang yang bisa dan berbakat di banyak bidang.

Tidak hanya itu, pria ber-IQ mencapai 220 ini juga menciptakan, mempelajari, dan memahat.

• Kim Ung-Yong, Profesor (IQ 210)

Lahir di Seoul pada tahun 1962, Kim Ung-yong telah memulai kariernya sejak menerbitkan buku pertamanya di usia tiga tahun. Ketika ia berusia lima tahun, ia telah dapat berbicara banyak hal. Ia tampil di televisi ketika kecil untuk menunjukkan bagaimana kemampuannya dalam menyelesaikan berbagai soal matematika yang rumit.

*dilansir dari berbagai sumber,

Andin Danaryati/Litbang MPI

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini