Share

Pelajar-Pelajar yang Sukses Hasilkan Banyak Uang, Ada yang Sampai Rp40 Juta/Bulan

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 22 Januari 2022 10:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 624 2534688 pelajar-pelajar-yang-sukses-hasilkan-banyak-uang-ada-yang-sampai-rp40-juta-bulan-tV5aAqHS92.jpg Ilustrasi pelajar. (Foto: Ant)

JAKARTA - Meskipun masih berstatus sebagai pelajar, bukan berarti seseorang tak bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Melalui usaha kerasnya, mereka bisa meraup rupiah dan membantu orang-orang di sekelilingnya.

Bahkan, menciptakan lapangan kerja. Berikut adalah pelajar yang sukses hasilkan banyak uang.

Surabaya, Jawa Timur

Sekelompok pelajar SD dan SMP di Surabaya, Jawa Timur berhasil mengumpulkan uang senilai Rp1 miliar rupiah hanya dalam waktu kurang dari 2 minggu, yakni sejak 2 hingga 13 Agustus 2021. Mereka melakukan penggalangan dana demi membantu sesama pelajar yang terkena Covid-19.

Penggalangan dana tersebut dilakukan dalam satu gerakan bernama ‘Gotong Royong Sekolah Peduli Suroboyo’. Selain uang, para pelajar tersebut juga mengumpulkan sembako untuk didistribusikan kepada mereka yang berhak.

Baca juga: Perbatasan Telah Dibuka, Pelajar Indonesia Kembali ke Australia


Baca juga: 2 Dosen IPB Masuk Top 100 Ilmuwan Indonesia Bidang Bisnis dan Manajemen

Mojokerto, Jawa Timur

Setiawan Ramadhan, pelajar SMA berusia 18 tahun di Mojokerto, Jawa Timur berhasil meraup keuntungan hingga Rp40 juta per bulan dari hasil budidaya anggrek. Awalnya, Setiawan hanya hobi menanam anggrek. Hingga akhirnya, ia tertarik untuk membudidayakan tanaman tersebut.

Setiap pulang sekolah, Setiawan selalu disibukkan dengan kegiatannya itu. Bahkan, ia bisa menciptakan lapangan kerja bagi rekan-rekannya. Rupanya, Setiawan sudah mulai melakukan budidaya anggrek sejak duduk di bangku SMP.

Dirinya ingin menciptakan varian anggrek baru, dengan mengambil sari putik bunga, memindahkan anggrek ke pot kecil, lalu memindahkannya pula ke pot besar. Setiawan menggunakan media arang kayu dalam budidayanya. Kini, dirinya masif memasarkan anggreknya di media sosial. Ada sekitar 500 indukan anggrek yang ia miliki saat ini.

Pangandaran, Jawa Barat

Varian baru teh bunga telang berhasil diciptakan seorang siswa SMA di Pangandaran, Jawa Barat bernama Ilham Hamdani. Inovasi itu ia mulai di tahun 2020, saat mengikuti bazar di sekolahnya. Modal awal Ilhan kala itu hanyalah Rp20 ribu.

Ayah Ilham, Dedi, memang menanam bunga telang sejak 2019. Dari situlah Ilham mulai tertarik untuk melakukan inovasi terkait tanaman itu. Dalam acara bazar tersebut, Ilham menjual teh bunga telang milik ayahnya Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu dengan berat 10 gram.

Tak disangka, animo kawan-kawannya sangat tinggi. Ia meraup keuntungan hingga Rp800 ribu. Pada simpul itulah, Ilham berpikir dan amat tertarik untuk melakukan inovasi teh telang.

Varian rasa yang berhasil ia ciptakan adalah susu oreo bunga telang, susu bunga telang dan susu jelly bunga telang. Hingga kini, Ilham berhasil meraup keuntungan sebesar Rp3,7 juta. Sementara itu, produk hasil kreasinya banyak diminati oleh para pelajar dan anggota komunitas.

Trenggalek, Jawa Timur

Seffindo Ardiando berhasil meraup keuntungan hingga Rp6 juta dalam seminggu, dengan berbisnis ikan mas koki. Bisnis ini dipilih Ardiando lantaran ia tak ingin merepotkan orangtuanya untuk membeli gawai, seperti laptop, demi menunjang kegiatan belajarnya selama pandemi.

Awalnya ia sempat bingung, namun Ardiando mantap memulai bisnis ikan mas koki karena ia juga hobi dalam hal itu. Orangtuanya bahkan telah terlebih dahulu menggeluti bisnis budidaya ikan lele. Ketekunan dan kesabaran Ardianto membuahkan hasil.

BUMD (Badan Usaha Milik Desa) menawarkannya untuk melakukan kemitraan. Kini, konsumennya tak hanya datang dari Trenggalek, melainkan luar kota hingga luar pulau.

*diolah dari berbagai sumber

Ajeng Wirachmi/Litbang MPI

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini