Share

Keren! Unesa Luncurkan Motor Elektrik bagi Penyandang Disabilitas

Lukman Hakim, Koran SI · Rabu 22 Desember 2021 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 22 65 2520810 keren-unesa-luncurkan-motor-elektrik-bagi-penyandang-disabilitas-Ywm0YBqmtA.jpg Motor elektrik untuk penyandang disabilitas (Foto: Unesa)

SURABAYA - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) meluncurkan sepeda motor elektrik bagi penyandang disabilitas. Kendaraan roda dua itu diberi nama Motor Elektrik Disabilitas Unesa Kece.

Rektor Unesa Prof Dr Nurhasan mengatakan, kehadiran karya dari dosen dan mahasiswa fakultas teknik ini merupakan kado saat peringatan Dies Natalis ke-57 Unesa tahun ini.

"Tim akan bekerja sama dengan industri dan beberapa pihak lainnya untuk menyempurnakan sepeda motor elektrik ini," katanya saat acara Dies Natalis Unesa ke-57 di Graha Unesa Kampus Lidah Wetan, Selasa (21/12/2021).

Baca Juga : Garnesa Racing Team Unesa Sabet Juara 1 Kontes Mobil Hemat Energi 2021

Dia menambahkan, Motor Elektrik Disabilitas Unesa Kece ini memiliki beberapa keunggulan. Antara lain adalah recycle energy yang dapat mengisi ulang baterai. Sehingga jangkauan dan waktu tempuh lebih lama. Sepeda motor ini juga menggunakan porseneleng (swict control) yang bisa membatasi kecepatan.

"Motor Elektrik Disabilitas Unesa Kece menggunakan gigi dan rantai dalam menggerakkan roda. Sehingga menghindari slip. Sementara produk yang lain masih menggunakan karet," imbuhnya.

Sementara itu, dalam acara Dies Natalis kali ini, Unesa mengukuhkan enam guru besar dalam berbagai bidang keilmuan. Keenam guru besar itu adalah Prof. Dr. Dra. Marniati, SE., MM, Prof. Dr. Achmad Lutfi, Prof. Dr. Erina Rahmadyanti, Prof. Dr. M. Turhan Yani, Prof. Dr. Hj. Rachma Hasibuan, dan Prof. Dr. I Gusti Putu Asto Buditjahjanto.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini