ITB Kampus Cirebon Akan Mulai Perkuliahan 17 Januari 2022

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Rabu 08 Desember 2021 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 65 2513886 itb-kampus-cirebon-akan-mulai-perkuliahan-17-januari-2022-LBFnyyurIR.jpg Foto: ITB.

JAKARTA - Institut Teknologi Bandung (ITB) tengah mempersiapkan pembukaan ITB Kampus Cirebon yang akan menggelar perkuliahan pada Semester II-2021/2022, mulai 17 Januari 2022. Saat ini, proses perkuliahan mahasiswa ITB Kampus Cirebon dilaksanakan di ITB Kampus Jatinangor.

Persiapan itu diungkap dalam rapat koordinasi rencana kepindahan dan persiapan pelaksanaan kegiatan akademik Semester II-2021/2022 Kampus Cirebon. Sejauh ini terdapat 7 prodi ITB Kampus Cirebon, namun untuk tahap awal proses perpindahan dan pelaksanaan kegiatan akademik Semester II-2021/2022 baru akan dilaksanakan untuk mahasiswa Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Industri, dan Kriya.

BACA JUGA: Mulai Januari 2022, ITB Gelar Kuliah Tatap Muka

Dijelaskan Ketua Tim Pengelola Penyelenggaraan Program ITB kampus Cirebon, Dr. Ir. Iwan Kustiwan, proses pemindahan perkuliahan di ITB Kampus Cirebon diselenggarakan bertahap. Dimulai dari persiapan layanan dan rencana akademik, pemindahan pegawai, ujicoba perkuliahan hybrid multi kampus hingga hari pertama perkuliahan.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Jaka Sembiring menekankan, ITB pada saat ini telah memiliki Kampus Ganesha, Kampus Jatinangor, dan Kampus Cirebon yang merupakan kampus yang setara dalam pelayanan akademik dan kemahasiswaan.

BACA JUGA: Ada Kampus ITB di Cirebon, Dibangun dari Biaya Hibah

Seluruh Sivitas ITB, baik Dosen, Tenaga Kependidikan, dan Mahasiswa harus memiliki pemahaman yang sama, yaitu kesetaraan layanan di seluruh kampus. ITB dalam mengembangkan metoda pembelajaran 4.0 akan menggunakan kampus Cirebon sebagai pusat inisiasi, sebagai program percepatan pengembangan kampus termuda.

Sistem pembelajaran hybrid dan multi kampus di Kampus Cirebon akan mendapatkan perhatian khusus dan diharapkan menjadi model bagi Kampus Ganesha dan Jatinangor.

Dr. Iwan menekankan, mahasiswa yang akan pindah ke Kampus Cirebon tetap akan dilayani dengan baik. Kurikulum dan capaian pembelajaran sesuai dengan prodi yang sama di Kampus Ganesha. Sebagai bagian dari rancangan multi kampus, ke depannya ITB akan mengembangkan ciri khas dan keunggulan dari setiap kampus.

Saat ini ITB memiliki dua kompleks kampus di Cirebon, yaitu di Watu Belah dan Arjawinangun. Dalam pelaksanaan kegiatan akademik nanti akan menggunakan kedua kompleks kampus tersebut.

Selain disiapkan fasilitas akademik, Direktorat Kemahasiswaan juga akan menyiapkan layanan kemahasiswaan seperti layanan kepada himpunan mahasiswa, unit kegiatan mahasiswa, bimbingan konseling, kantin dan ruang kerja bersama, dan lain-lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini