Bisnis Budidaya Lobster Air Tawar, Penghasilan Mahasiswa Ini Capai Rp30 Juta Perbulan

Kamis 02 Desember 2021 17:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 02 65 2510990 bisnis-budidaya-lobster-air-tawar-penghasilan-mahasiswa-ini-capai-rp30-juta-perbulan-6vJT8eMJrp.jpg

SOLO - Usaha budidaya lobster air tawar menjadi usaha yang sangat menjanjikan. Seorang mahasiswa di Solo raup keuntungan puluhan juta dengan budidaya lobster air tawar.

(Baca juga: Bisnis Lobster Air Tawar, Omzet Rp30 Juta per Bulan)

Asep Wilantara mulai menekuni budidaya lobster sejak 2 tahun lalu. Budidaya ikan lobster air tawar dengan alat dan media yang sederhana ini mampu meraup untung mencapai puluhan juta rupiah per bulannya dan dengan modal awal hanya empat ratus ribu rupiah.

Dia mengaku usaha yang telah ditekuninya selama dua tahun ini dilatarbelakangi kegemarannya memelihara ikan.

“Dalam budidaya air tawar saya menggunakan media kolam yang terbuat dari terpal dan semen sebagai tempat indukan, bertelur dan lobster siap panen,” ujar Asep, Rabu (1/12/2021).

Sedangkan peralatan lainnya seperti waterpump dan genteng atau paralon. Makanan bagi lobster air tawar terbilang mudah dan murah seperti sayur mayur dan biji-bijian seperti beras, kacang hijau wortel, singkong, kentang dan lain lain.

Namun usaha yang ditekuninya tidak semudah yang dibayangkan, hampir setiap hari dia memantau lobster peliharaannya.

Karena itu dibutuhkan ketelatenan untuk dibudidaya. Diantaranya memberi makan, memeriksa air kolam dan bahkan harus teliti memilih indukan yang melahirkan.

“Lobster air tawar tersebut dipasarkan ke sejumlah hotel dan restoran di Jakarta, Surabaya, Bali, Makassar hingga Batam dengan omzet rata-rata Rp20 juta hingga Rp30 juta per bulan,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini