45 Mahasiswi di Bali Jadi Korban Pelecehan Seksual, Pelaku Mahasiswa hingga Dosen

Mohamad Chusna, Sindonews · Selasa 23 November 2021 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 65 2506108 45-mahasiswi-di-bali-jadi-korban-pelecehan-seksual-pelaku-mahasiswa-hingga-dosen-c2IiGMtqcA.jpeg Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

DENPASAR – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bali memaparkan data mengejutkan soal kasus pelecehan seksual di lingkungan kampus di Denpasar. Bagaimana tidak, terdapat 45 mahasiswi diduga menjadi korban tindak asusila.

Dari total jumlah korban, 42 orang adalah mahasiswi Universitas Udayana. Tiga orang sisanya adalah mahasiswi Universitas Warmadewa.

"Sampai sekarang, kami belum memutuskan untuk melakukan upaya hukum," kata Direktur LBH/YLBHI Bali Ni Kadek Vany Primaliraning ketika dihubungi, Senin (22/11/2021).

Menurutnya, angka itu didapat setelah pihaknya bersama organisasi mahasiswa di kedua kampus tersebut membuat posko pengaduan pada akhir 2020 lalu. Sebenarnya tercatat 73 pengaduan kekerasan seksual di kedua kampus tersebut. Tapi pengaduan yang langsung dari korban ada 45 kasus.

Baca juga: 5 Aksi Begal Pantat, Pelaku Tertangkap Dihajar Massa

Kekerasan seksual terjadi ketika para korban sedang awal kuliah sampai empat tahun. "Antara semester awal hingga semester delapan," papar Vany.

Pelaku mayoritas adalah mahasiswa. Namun ternyata ada juga dosen. "Modus yang dilakukan ketika sedang bimbingan skripsi," ungkap Vany lagi.

Selain dosen dan mahasiswa, pelaku juga dari pedagang dan pekerja bangunan yang berada di kawasan kampus dan masyarakat umum.

Menurut Vany, data korban kekerasan seksual itu sudah disampaikan kepada pihak kampus. Namun belum ada tindakan Kampus Udayana. "Untuk Warmadewa, pelakunya sudah dikeluarkan," ujarnya.

Dia menambahkan, para korban sejauh ini masih menimbang untuk menempuh upaya hukum. "Macam-macam pertimbangannya. Mulai kekhawatiran dalam pembuktian, takut dilaporkan balik dengan delik pencemaran nama baik hingga intimidasi," pungkas Vany.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini