Viral! Kasus Dugaan Kekerasan Seksual di Kampus UI Terbongkar

Mohammad Adrianto S, Okezone · Selasa 23 November 2021 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 65 2505978 viral-kasus-dugaan-kekerasan-seksual-di-kampus-ui-terbongkar-06N1iCJkYs.jpg Universitas Indonesia (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Dugaan kasus kekerasan seksual yang ada di Universitas Indonesia (UI) mencuat ke publik. Hal tersebut menjadi viral setelah sebuah akun media sosial Twitter @IbnuTasrip membongkarnya.

Akun Twitter @IbnuTasrip membuat sebuah utas di mana menurutnya kasus kekerasan di kampus UI perlahan mulai terbongkar.

">Kasus kekerasan di kampus oleh guru besar UI

>Cuma jadi gosip selama bertahun2

>Bakalan dispill semuanya satu2 oleh satgas

>Adanya permendikbudristek 30

>The iceberg has cracked," tuturnya Minggu (21/11/2021).

Baca Juga:  Rekam Jejak Pendidikan Asri Welas, Ternyata Lulusan Duoble Degree UI

Lebih lanjut, dirinya mengatakan bahwa ini akan menjadi pembuktian berfungsi atau tidaknya Permendikbudristek yang baru-baru ini diresmikan.

"Kasus ini akan menjadi bukti apakah Permendikbudristek akan dijalankan dengan baik sehingga bisa menciptakan lingkungan kampus yg aman terhadap kekerasan seksual. Lesssgggoooooooo," ucapnya.

Tweet ini mendapat respon positif dari warganet. Banyak dari mereka yang berharap bahwa kasus kekerasan ini bisa diusut hingga tuntas.

"Penasaran gimana tanggepan kaum konservatif yg kemarin gembor2 teriak tolak permendikbud... cepet bgt kebongkar kan tu kasus2 gunung es," kata akun @criedterion.

Baca Juga:  4 Kampus Terbaik di Indonesia Versi US News Best Global Universities 2022

"Kemaren ada twit gblg ktnya peraturan ini malah akan meningkatkan kasus kekerasan seksual. See, bukan meningkat tapi yg tadinya diem aja jadi berani speak up!" tutur akun @efchatarinaaa.

Sementara Sekretaris Universitas Indonesia (UI), Agustin Kusumayati, meminta seluruh warga UI untuk menjunjung tinggi norma kesusilaan dan sopan santun.

Hal tersebut ia sampaikan berkaitan dengan dugaan kasus kekerasan seksual yang dilakukan oleh oknum Guru Besar UI yang tengah diberitakan oleh sejumlah media massa.

"Universitas Indonesia (UI) telah memiliki Kode Etik dan Kode Perilaku (Peraturan Rektor Universitas Indonesia/PRUI No.14 tahun 2019) yang mengikat seluruh Warga UI --baik dosen, mahasiswa, maupun tenaga kependidikan. Pasal 16 PRUI Nomor 14 Tahun 2019 menyatakan bahwa Warga UI harus menjunjung tinggi norma kesusilaan dan sopan santun," ujar Agustin Kusumayati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini