Share

Kota Cirebon PPKM Level 1, Tes Covid-19 di Sekolah Kembali Digencarkan

Hasan Hidayat, MNC Portal · Selasa 16 November 2021 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 16 624 2502549 kota-cirebon-ppkm-level-1-tes-covid-19-di-sekolah-kembali-digencarkan-a8pT5EykPF.jpg Tes Covid-19 di Cirebon. (Foto: Hasan Hidayat)

CIREBON - Kota Cirebon kini masuk kategori PPKM Level 1. Hal itu berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 60 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, 2 dan 1 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Di Jawa Barat tidak hanya Kota Cirebon, kota dan kabupaten lain yakni Kota Bogor, Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar dan Kabupaten Bekasi pun masuk kategori tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi mengatakan, Kota Cirebon kini telah berada di PPKM level 1 berdasarkan hasil asesmen Kementerian Kesehatan (Kemenkes) maupun Inmendagri Nomor 60 Tahun 2021.

"Untuk PPKM Kota Cirebon pada periode 1-15 November 2021 sudah masuk di level 1, Kota Cirebon bersama Kabupaten Pangandaran dan Kota Banjar menjadi tiga daerah di Jawa Barat (Jabar) yang sudah berada di level 1," jelasnya.

Agus menyebutkan, secara umum tidak ada perbedaan signifikan antara level 1 dan 2, seperti pembelajaran tatap muka (PTM) masih tetap sama 50 persen.

"Hanya kemungkinan besar durasi jam belajar yang akan ditambah, potensi penyebaran pada level 1 sudah rendah dengan indikator yang sudah terpenuhi," terangnya.

Pemda Kota Cirebon tetap meminta masyarakat waspada. Paslanya, potensi ancaman penyebaran Covid-19 masih ada.

Baca juga: PPKM Level 1! Ini Aturan Lengkap Masuk Mal, Beroperasi hingga Pukul 22.00

Sementara itu, tes swab acak untuk pelajar Kota Cirebon sudah digelar sejak Senin kemarin.

Pantauan MNC Portal Indonesia di SMP N 1 Kota Cirebon, tes dilakukan ke 100 orang pada Selasa (16/11/2021).

Kepala Seksi Survilance Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, Bastijan menjelaskan, hari ini dilakukan tes swab yang kedua untuk para siswa di Kota Cirebon.

"Ini hari kedua, di SMPN 1 dan MTs N 2 Kota Cirebon," kata Bastijan.

Menurutnya, sasaran yang diambil dalam sampel tes adalah 100 orang di setiap sekolah. "Uji petik ini merupakan salah satu upaya kami di PPKM level 1 ini," ungkap dia.

Pihaknya berharap, semua yang dites dalam waktu dua hari ini hasilnya negatif Covid-19. "Pada uji petik ke dua ini, kami akan melakukannya di 30 sekolah sampai tanggal 2 Desember 2021, setiap harinya kita laksanakan 2 sekolah, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan juga ada Pondok Pesantren," tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Kepala SMPN 1 Kota Cirebon Bidang Humas, Daryo Susmanto menjelaskan, uji petik ini tujuannya adalah untuk pencegahan sekaligus penanggulangan Covid-19. "Ini diambil sampel secara acak, dan hari ini jadwalnya sekolah kami," ucapnya.

Selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), kata Daryo, setiap siswa yang mengalami kurang enak badan dianjurkan tidak berangkat ke sekolah. "Kalau sudah fit mereka bisa berangkat lagi," ungkapnya.

Menurutnya, SMPN 1 Kota Cirebon dalam pelaksanaan PTMT tetap maksimal menerapkan protokol kesehatan. "Dua bulan awal, PTMT kami 25 persen, baru pekan ini jadi 50 persen dari total siswa yang ada," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini