Share

Siswi SMK Ciptakan Alat Terapi Elektrik untuk Obati Nyeri Otot dan Pegal Linu

Joko Piroso, iNews · Kamis 28 Oktober 2021 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 624 2493293 siswi-smk-ciptakan-alat-terapi-elektrik-untuk-obati-nyeri-otot-dan-pegal-linu-yn25M4Lirz.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

SRAGEN – Siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sragen, Jawa Tengah menciptakan sebuah alat terapi otot dan syaraf elektrik untuk membantu para manula menrawat sakit seperti nyeri, inu maupun pegal yang disebabkan kolesterol dan asam urat.

Amalia Mahmudah, siswi SMK Citra Medika, Sragen mendapat ide pembuatan alat itu dari banyaknya keluhan manula yang merasakan nyeri dan pegal linu. Karena penyakit itu bisa disembuhkan dengan penghangatan tubuh secara rutin, maka dia membuat alat terapi yang dinamakan Cimedis Star Elektrik.

BACA JUGA:  Unik, Siswa SMK di Ponorogo Bayar Uang Sekolah dengan Kotoran Sapi

Menurut siswi berusia 18 tahun itu, alat terapi ini dibuat dengan bahan seperti termostat, alumunium sheet, dan magnet, membuatnya menjadi bahan penghangat dengan listrik 250 watt.

Dia dan timnya membutuhkan waktu dua bulan untuk membuat alat terapi tersebut. Bulan pertama untuk merancang, mengumpulkan bahan, dan merangkai, sementara bulan kedua untuk uji coba terhadap lansia dan mereka yang memiliki keluhan nyeri otot dan pegal linu.

Alat terapi ini dibuat dua buah, satu untuk terapi kaki dan satu lagi untukterapi badan. Dengan terapi 15 menit – 20 menit, tubuh akan langsung terasa bugar dan rasa nyeri akan berkurang. Rasa nyeri bisa hilang sepenuhnya jika terapi dilakukan rutin pagi dan sore selama seminggu.

BACA JUGA: Mendikbud: Lulusan SMK Bisa Dapat Sertifikasi Internasional

Amalia menambahkan bahwa alat terapi buatannya sedang diikutkan dalam Lomba Karya Sekolah (LKS) tingkat nasional yang akan diumumkan pada 29 Oktober 2021. Pembuatan alat terapi ini dilakukan dengan pengawasan guru pembimbing.

Kepala Sekolah SMK Citra Medika Nano Priyanti mengatakan bahwa alat terapi buatan Amalia dijual ke umum. Bila membeli satuan seharga Rp1,5 juta, tetapi harga untuk satu paket, terdiri dari dua buah alat terapi, harganya Rp2,5 juta.

Nano menambahkan bahwa SMK Citra Medika Sragen telah menciptakan sekira 40 produk kesehatan. Dia mengatakan bahwa Amalia adalah seorang siswa berprestasi, yang selain telah menciptakan alat kesehatan, juga sudah menjuarai LKS tingkat kabupaten dan provinsi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini