Peserta Tak Lolos Seleksi Guru PPPK Bisa Ajukan Sanggahan, Ini Syaratnya

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Jum'at 15 Oktober 2021 15:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 624 2486893 peserta-tak-lolos-seleksi-guru-pppk-bisa-ajukan-sanggahan-ini-syaratnya-oQI2suizqS.jpg Ilustrasi ujian seleksi guru PPPK (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah menyediakan layanan pengajuan sanggahan bagi guru peserta seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang tidak lolos karena merasa tidak puas atau merasa dirugikan dengan hasil seleksi.

Sekretaris Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani mengatakan, ada kasus guru yang tidak lolos namun nilai ambang batasnya mencukupi karena jumlah formasi yang disediakan terbatas.

"Misalnya ada 2 formasi sementara gurunya ada 5 yang memperebutkan formasi yang sama. Otomatis meski semua lulus passing grade tapi karena formasi yang diperebutkan 2 pasti ada 3 yang tidak lolos," katanya pada diskusi Guru Belajar dan Berbagi-Sukses Seleksi ASN PPPK, Jumat (15/10/2021).

Nunuk menyampaikan, proses seleksi guru PPPK telah semaksimal mungkin dilakukan mengikuti peraturan yang berlaku. Sehingga, jika ada peserta seleksi yang merasa belum puas dengan hasil ujian ada mekanisme sanggah.

Baca juga: Pendaftaran Seleksi Guru PPPK Tahap II Dibuka 24-30 Oktober, Mekanisme Tidak Berubah!

Dia mempersilahkan jika ada peserta seleksi yang merasa nilai yang dia dapat semestinya mendapatkan afirmasi dari pemerintah untuk melakukan pengajuan sanggah.

Atau sanggahan juga bisa dilakukan oleh peserta seleksi yang merasa jika dari segi usia semestinya mendapatkan afirmasi. Menurut dia, sanggahan ini hanya bisa dilakukan jika peserta itu merasa tidak puas atau dirugikan dan bukan untuk menyanggah hasil seleksi peserta lain.

Baca juga: Seleksi Guru PPPK Tahap II Segera Dibuka, Simak Syarat Pendaftarannya!

"Jadi bagi yang tidak puas akan hasil ujian itu bisa melakukan sanggah dan kami akan menjawab sanggah," imbuhnya.

Nunuk menerangkan, peserta seleksi bisa mengajukan sanggahan ke call center di nomor 1500997 atau bisa melalui helpdesk PPPK di laman gurupppk.kemdikbud.go.id.

Tanggapan akan sanggah yang diajukan itu akan dijawab dalam masa 7 hari.

Melansir laman gurupppk.kemdikbud.go.id, masa sanggah atas hasil seleksi guru PPPK tahap I dijadwalkan pada 10-12 Oktober 2021. Dilanjutkan dengan tanggapan sanggah pada 12-18 Oktober 2021 dan pengumuman hasil sanggah pada 20 Oktober 2021.

Sedangkan untuk masa pengajuan sanggah untuk seleksi guru PPPK tahap II dijadwalkan pada 19-21 November 2021 dan jadwal tanggapan sanggahan pada 21-27 November 2021. Kemudian pengumuman pasca masa sanggah II pada 28 November 2021. Sementara untuk masa pengajuan sanggah di tahap III pada 17-19 Desember 2021.

Baca juga: Usai Pengumuman Tahap I, Ini Jadwal Terbaru Seleksi Guru PPPK Tahap II

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini