Share

Tips Cara Agar Tak Termakan Berita Hoax di Media Sosial

Mohammad Adrianto S, Okezone · Kamis 30 September 2021 15:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 65 2479338 tips-cara-agar-tak-termakan-berita-hoax-di-media-sosial-np9WXTgVN9.jpg Workshop jurnalistik UNJ dan MNC Portal/ Okezone

JAKARTA - Keberadaan media sosial perlahan semakin besar di kalangan masyarakat umum. Namun, belakangan ini banyak sekali berbagai pihak yang memanfaatkannya untuk menyebarkan informasi yang mengandung hoax. Untuk itu masyarakat, perlu diedukasi agar memanfaatkan media sosial secara positif dan jangan mudah termakan isu tidak benar yang banyak beredar.

(Baca juga: Begini Alur Kerja di Media Online hingga Berita Dinikmati Pembaca)

Demikian diutarakan Head of Social Media MNC Portal Indonesia, Rizki Gunawan dalam Workshop Pekan Jurnalistik bersama Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan MNC Portal Indonesia bertajuk "Pers Kreatif di Era Kritis" pada Kamis (30/9/2021).

"Beberapa peran media sosial yaitu menyebarkan dan memperkuat keberadaan informasi, mengedukasi dan menginspirasi masyarakat mengenai trend masa kini, menghibur masyarakat menggunakan video, tips dan trik, maupun fakta menarik, dan mendengarkan tanggapan warganet," ujar Rizki.

(Baca juga: Edukasi Masyarakat di Era Digital, UNJ dan MNC Portal Gelar Workshop Pekan Jurnalistik)

Lebih lanjut, sebagai social media strategist, Rizki kerap menggunakan tools analytic untuk mengikuti tren-tren terkini. Dirinya juga menjelaskan apa saja yang harus disiapkan oleh orang-orang yang berminat menjadi social media strategist.

"Harus memahami nilai berita, mengetahui konten apa yang harus keluar, bisa mengoptimalkan hashtag maupun caption, menyediakan konten interaktif dan memahami dampak dari sebuah konten, serta bisa membaca data," ungkap Rizki.

Di era media sosial di mana berita bisa berupa informasi palsu, Rizki menjelaskan apa saja yang bisa dilakukan untuk menghindari berita hoaks.

"Supaya tidak terkena hoaks, harus mengecek sumber, lalu mengecek sumber lain, dan tetap bersikap skeptis serta berpikir kritis," tutup Rizki.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini