Universitas Muhammadiyah Purwokerto Gelar Wisuda Offline, Diikuti 4 Mahasiswa Asing

Saladin Ayyubi, iNews · Senin 27 September 2021 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 65 2477630 universitas-muhammadiyah-purwokerto-gelar-wisuda-offline-diikuti-4-mahasiswa-asing-Jk4Vl0j9st.jpg Wisudawan asal Turki Sait Arslan saat memberikan sambutan pada acara wisuda Universitas Muhammadiyah Purwokerto di Lapangan Mas Mansur UMP, Kabupaten Banyumas, 25 September 2021. (Foto: Antara)

PURWOKERTO – Selama masa pandemi Covid-19 beberapa universitas di Indonesia menggelar acara wisuda secara online atau virtual. Namun, tidak demikian halnya dengan Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang menggelar wisuda 1.342 mahasiswa secara offline di lapangan terbuka.

Acara yang digelar dengan protokol kesehatan yang ketat ini digelar setelah Banyumas memasuki pembatasan atau PPKM level 3.

BACA JUGA: Viral! Pidato Mahasiswi Kaum Rebahan saat Wisuda ITB Mengundang Gelak Tawa

Seluruh wisudawan serta rektor dan senat UMP yang hadir harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mereka harus duduk di atas kursi dengan jarak satu setengah meter dan diharuskan mengenakan masker dan face Shields, sarung tangan, serta menyertakan hasil tes rapid antigen negatif.

Para pengantar wisudawan sendiri juga tidak boleh berada di lokasi wisuda. Mereka harus tetap di dalam kendaraan yang telah ditempatkan di beberapa titik. Bahkan beberapa anggota Satgas Covid-19 Banyumas juga dikerahkan untuk mengawasi jalannya wisuda.

BACA JUGA: Tanpa Gengsi, Pria Wisuda Drive Thru Naik Angkot Viral dan Bikin Salut Netizen

Dalam acara wisuda ini UMP melepas 1.342 wisudawan yang terdiri dari program magister sebanyak 116 orang, program sarjana 1.194 orang, serta program diploma sebanyak 32 orang. Para wisudawan berasal dari beberapa daerah di Indonesia, bahkan empat di antara mereka berasal dari luar negeri.

Usai mengikuti wisuda para wisudawan tak menyia-nyiakan kesempatan untuk berfoto di depan spanduk wisuda. Sedangkan proses pemberian piagam dilakukan secara drive thru untuk mencegah penyebaran Covid-19.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini