Did You Know: Mengapa Bentuk Pisang Melengkung?

Lutfia Dwi Kurniasih, Okezone · Sabtu 25 September 2021 12:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 65 2476332 did-you-know-mengapa-bentuk-pisang-melengkung-kDqNSFYh61.jpg Pisang. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Kamu pasti sering melihat buah pisang berbentuk melengkung. Namun, pernahkah kamu berpikir mengapa bentuk pisang bisa melengkung? Hmm, kok bisa ya?

Pohon pisang merupakan tanaman yang mudah dibudidayakan dan banyak dijumpai karena mampu tumbuh dan berkembang secara baik pada berbagai kondisi agroekologi.

Penesuluran Okezone, pohon pisang berkembang biak dengan cara tunas. Tunas adalah salah satu contoh perkembangbiakan tumbuhan dengan cara vegetatif alami, yakni perkembangbiakan secara vegetatif tanpa bantuan manusia.

Baca juga: Did You Know: Langit Indah Berwarna Ungu Ternyata Simpan Ancaman Bahaya!


Baca juga: Tragedi Trisakti: Sejarah, Latar Belakang dan Kronologinya

Vegetatif sendiri adalah cara tumbuhan berkembang biak yang tidak melalui proses perkawinan. Pohon pisang memang memiliki banyak keunikan salah satunya yaitu bentuknya yang melengkung.

Apabila diperhatikan, buah pisang yang masih berada di pohonnya akan tumbuh mengarah ke atas, bukan menggantung ke bawah seperti buah-buahan pada umumnya.

Bentuk pertumbuhan unik yang dialami pisang ini disebabkan karena pisang mengalami fenomena yang disebut sebagai geotropisme negatif.

Geotropisme adalah kecenderungan tanaman atau buah-buahan untuk tumbuh ke arah tertentu menuju arah gravitasi.

Coba kamu perhatikan sekitar, semua tanaman ataupun buah-buahan akan tumbuh mengikuti arah gravitasi bumi yaitu tumbuh ke bawah. Fenomena tanaman mengikuti arah gravitasi bumi itu disebut sebagai geotropisme positif.

Sedangkan untuk tanaman ataupun buah-buahan yang tumbuh berlawanan dengan arah gravitasi bumi disebut sebagai geotropisme negatif.

Fenomena geotropisme negatif inilah yang terjadi pada pertumbuhan pisang. Pisang menjadi melengkung karena pertumbuhannya melawan arah gravitasi dan tumbuh dengan mencari serta mengikuti arah matahari.

Jadi, pisang akan tumbuh menjauhi tanah atau tidak tumbuh lurus ke bawah dan justru melengkung ke atas untuk mencari sinar matahari. Semakin banyak membutuhkan sinar matahari, makan pisang akan semakin melengkung.

Selain bentuknya yang unik, kandungan kalium di dalam pisang dapat membantu fungsi pembuluh darah dalam mengangkut oksigen ke otak, menjaga kestabilan detak jantung, dan menurunkan tekanan darah. Pisang juga diketahui dapat mengurangi risiko stroke.

Sekarang sudah tahu bukan mengapa bentuk pisang bisa melengkung? Terus diingat ya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini