Cerita Perjuangan Beradaptasi di Prancis dari Mahasiswa Indonesia

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 17 September 2021 09:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 65 2472726 cerita-perjuangan-beradaptasi-di-prancis-dari-mahasiswa-indonesia-5OkeDBHWXl.jpg foto: istimewa

JAKARTA - Diera Nathania merupakan seorang wanita kelahiran Indonesia yang kini sedang menetap di Hokkaido, Jepang. Melalui media sosial seperti YouTube, TikTok, dan Instagram, Diera kerap membagikan kegiatan seru dan juga informasi mengenai budaya Jepang, dari segi perkuliahan sampai kehidupan sehari-hari.

Di YouTube channel miliknya, Diera membuat sebuah segmen khusus yang bernama #SuaRantau dimana ia mengumpulkan cerita-cerita unik dari anak bangsa ketika merantau di luar negeri. Kali ini, ia pun membagikan beberapa cerita mengenai tujuan atau alasan teman-teman yang merantau. Pertama-tama, Diera membacakan cerita dari Bila yang merupakan mahasiswi S2 jurusan cultural project management di salah satu universitas di Prancis.

Berbekal kemampuan Bahasa Prancis dan ketertarikan dengan negara pusat budaya dan fashion tersebut, Bila memiliki mimpi untuk menjalani studi di Prancis. Namun ternyata saat pertama kali tinggal dan belajar di Prancis Bila menemui beberapa kesulitan dalam beradaptasi.

“Meskipun aku bisa Bahasa Prancis, ternyata kuliah di Prancis itu gak semudah bayangan aku. Perlu kerja ekstra untuk bisa keep up sama perkuliahan. Apalagi aku satu-satunya mahasiswa asing di kelas aku. Dan pastinya bulan-bulan pertama aku kuliah di sana, struggling banget” tutur Diera saat membacakan cerita Bila.

Walaupun sempat berpikir untuk menyerah dan pulang ke Jakarta, Bila menguatkan tekadnya untuk tetap melanjutkan studinya. Ia juga mendapat dukungan dari keluarga yang membantunya semangat dan berusaha pelan-pelan.

“Gak malu minta tolong kalau memang aku kesulitan, kerja lebih ekstra dibanding teman-teman yang lain, dan berdoa serta berserah kepada Tuhan YME, akhirnya keinginan untuk menyerah dan pulang ke Indonesia berangsur-angsur sirna. Sebulan lagi adalah wisuda S2 aku” tutur Diera saat melanjutkan cerita Bila.

Diera pun mengaku kagum dengan perjuangan dan semangat Bila. Bagi yang sudah penasaran, yuk simak cerita lengkapnya hanya di YouTube channel Diera Nathania!

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini