Share

Dear Orangtua, Ini 4 Tips Mendidik Anak Agar Mandiri

Neneng Zubaidah, Koran SI · Jum'at 17 September 2021 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 623 2472974 dear-orangtua-ini-4-tips-mendidik-anak-agar-mandiri-kHDj9PTrP5.jpg Ilustrasi (Foto: Timesofindia)

JAKARTA - Orangtua memiliki peran yang begitu besar dalam mendidik dan membimbing anak-anaknya. Proses tersebut selalu dianggap mengesankan, salah satunya mendidik anak menjadi mandiri.

"Bagi orangtua, proses mendidik anak selalu menjadi hal yang mengesankan. Salah satunya dalam mendidik anak menjadi mandiri," ujar @kemdikbud.ri yang dikutip MPI pada Kamis (16/9/2021)

Baca Juga:  Kemenag Lakukan Perbaikan Pendidikan dan Pelayanan Keagamaan

Mengenalkan anak pada hal-hal baru dan memberinya kepercayaan untuk menentukan pilihan, misalnya, dapat menjadi cara untuk mendorong anak tumbuh mandiri, berikut tips yang bisa dilakukan oleh orangtua yaitu:

Hal pertama, anak bisa diperkenalkan dengan hal baru. Cara ini juga dapat membuat anak tidak takut dalam menentukan keputusan.

Kedua, ajarkan anak bisa menentukan pilihannya dan kedua orangtua tidak lagi memaksakan untuk mengambil keputusan tertentu. "Sebagai orangtua, sudah seharusnya tidak lagi memaksakan anak untuk mengambil keputusan tertentu. Jika tetap melakukannya maka membuat anak tidak nyaman dan tidak ikhlas dalam menjalani kewajibannya," tuturnya

Baca Juga:  Pandemi Covid-19, Banyak Siswa Putus Sekolah hingga Memilih Bekerja

Selanjutnya, hargai setiap usaha yang dijalani anak. Saat anak berhasil menumbuhkan sikap berani dan mandiri, maka orangtua tidak perlu beri pujian. Namun, ketika anak mengalami kegagalan, anak juga pantas memperoleh pujian.

Terakhir, jangan membandingkan anak dengan yang lainnya. Orangtua harus bisa percaya bahwa setiap usaha yang dijalankan anak merupakan proses untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

Tujuannya agar mereka bisa belajar dari kegagalan dan keberhasilan. Alhasil, anak bisa menjadi mandiri.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini