5 Persiapan untuk Ujian Seleksi Guru PPPK 2021

Neneng Zubaidah (Koran Sindo), Koran SI · Senin 13 September 2021 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 65 2470423 5-persiapan-untuk-ujian-seleksi-guru-pppk-2021-WKHkEsaoSW.jpg Ilustrasi seleksi guru (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Proses seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 memasuki proses pelaksanaan seleksi kompetensi tahap pertama. Pelaksanaan seleksi kompetensi I ini dijadwalkan dimulai pada 13 hingga 17 September 2021.

Terkait dengan informasi teknis penyelenggaraan seleksi calon guru PPPK, Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Sesditjen GTK), Nunuk Suryani menerangkan beberapa hal berikut.

Pertama, peserta calon guru ASN dapat mengecek akun SSCASN untuk memastikan bahwa telah mengikuti seleksi tahap satu. Tahap 1, jelas Nunuk, itu diperuntukan untuk afirmasi seluruh guru Non ASN yang mengajar di sekolah negeri.

(Baca juga: Ingat, Ini Prokes yang Harus Dilakukan Saat Tes Seleksi Guru PPPK) 

"Sedangkan untuk tahap 2 diperuntukkan untuk calon guru yang tidak lulus di tahap 1; Tahap 3 diperuntukkan untuk calon guru yang tidak lulus di tahap ujian 2," katanya melalui siaran pers, Senin (13/9/2021).

Terkait dengan persiapan, saat ini Kemendikbudristek telah mengatur penempatan tempat seleksi uji kompetensi yang totalnya mencapai 1.124 lokasi, tersebar di 500 tempat di kabupaten kota.

Sementara itu mengutip instagram resmi Ditjen GTK Kemendikbudristek di @ditjen.gtk.kemdikbud, Senin (13/9/2021), Ditjen GTK menghimbau kepada guru peserta seleksi untuk memastikan kesiapan sebelum mengikuti seleksi guru ASN PPPK.

 (Baca juga: Ini Arahan Khusus untuk Panitia dan Peserta Seleksi Guru PPPK)

Berikut ini adalah 5 persiapan untuk mengikuti seleksi agar bisa mengikuti seleksi dengan aman dan nyaman.

1. Membawa kartu peserta ujian yang dicetak pada periode tanggal 11-12 September 2021 (Pastikan anda mengikuti jadwal ujian dan hadir tepat waktu sesuai dengan tanggal yang tercantum dalam kartu tersebut)

2. Membawa hasil tes rapid antigen dengan hasil non reaktif/negatif yang dilakukan sebelum mengikuti seleksi kompetensi

3. Menggunakan masker medis/masker kain yang memiliki 3 lapisan/masker KN(%, serta direkomendasikan penggunaan pelindung wajah (face shield) atau memakai masker medis di bagian dalam dan masker kain di bagian luar (double mask)

4. Menjaga jarak (physical distancing) minimal 1 meter

5. Mencuci tangan dengan sabun/desinfektan (hand sanitizer).

Itu adalah 5 persiapan untuk mengikuti seleksi guru PPPK yang dirangkum Ditjen GTK Kemendikbudristek. Selamat berjuang mengikuti seleksi dan sukses selalu untuk bapak dan ibu guru.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini