Perguruan Tinggi Diminta Siap Song-song PTM Terbatas

Kevi Laras, MNC Portal · Selasa 31 Agustus 2021 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 31 65 2464001 perguruan-tinggi-diminta-siap-song-song-ptm-terbatas-bFfjzJqXJy.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas segera diimplementasikan bagi jenjang pendidikan tinggi. Mendukung hal tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), bahkan telah meresmikan lanjutan bantuan UKT beberapa waktu lalu untuk mendukung pelaksanaan PTM terbatas.

Berhasil atau tidak pelaksanaan PTM terbatas dianggap tergantung dari komitmen dari para mahasiswa untuk saling menjaga dan melindungi melalui kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga:  Kemdikbudristek: Kampus Merdeka Bekali Mahasiswa dengan Kompetensi

“Kami mendorong kampus-kampus yang berada di wilayah PPKM level satu sampai tiga untuk segera memberikan opsi pertemuan tatap muka terbatas kepada mahasiswa. Sementara untuk daerah di level empat, masih harus belajar dari jarak jauh,” kata Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim.

Sementara itu, Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Plt. Dirjen Diktiristek), Nizam mengimbau agar seluruh perguruan tinggi bersiap melakukan perkuliahan tatap muka terbatas khususnya bagi perguruan tinggi dan daerah yang telah memenuhi syarat.

Baca juga:  Kemendikbudristek: Perguruan Tinggi Harus Menghasilkan SDM yang Unggul dan Kreatif

“Kampus saya minta menyiapkan diri perkuliahan tatap muka terbatas dengan penerapan protokol kesehatan ketat,” ujarnya.

Pelaksanaan PTM terbatas mengikuti pengaturan SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Beberapa di antaranya, meliputi: selalu memakai masker selama berada di satuan pendidikan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, menjaga jarak, serta menerapkan etika batuk dan bersin. (din)

(rhs)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini