Share

Belajar Tatap Muka, Siswa SMK Seneng karena Bisa Praktek

Ari Sandita Murti, Sindonews · Senin 30 Agustus 2021 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 65 2463410 belajar-tatap-muka-siswa-smk-seneng-karena-bisa-praktek-WxHKIl9ksb.jpg Foto: illustrasi Okezone

JAKARTA - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) digelar di sekolah SMKN 32, Tebet, Jakarta Selatan pada Senin (30/8/2021) ini. Dengan dilaksanakannya sistem belajar secara langsung, para siswa pun berharap bisa melakukan kegiatan praktek secara langsung pula.

"Senang bisa belakar di sekolah, utamanya bisa ikut praktek. Kalau di rumah kan teori-teori saja paling banyak, kalau di sekolah kan bisa langsung praktek, kalau bingung bisa tanya langsung ke ibu (guru) sewaktu praktek," ujar siswa kelas 10, Nadiya di SMKN 32, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (30/8/2021).

Baca juga:  Ketika Siswa Tak Saling Kenal di Sekolah

Menurutnya, selama melakukan kegiatan belajar di rumah, paling banyak hanya belajar teori saja. Padahal, dia membutuhkan praktek secara nyata atas apa yang telah diajarinya tersebut oleh gurunya.

Sementara itu, siswa lainnya, Mely menambahkan, dia bersyukur bisa mengikuti kegiatan PTM di sekolah. Sebabnya, selama ini dia pun tak mengenal semua wajah teman-teman sekelasnya lantaran selama ini dia hanya mengikuti kegiatan belajar secara daring saja di rumah.

 Baca juga: Survey KPAI: Kesiapan Sekolah untuk PTM Meningkat

"Kalau di sekolah bisa kenal satu-satu teman sekalas, bisa ngobrol, tambah wawasan juga, bisa kenalan langsung, jadi gak canggung. Pengennya sih PTM terus, bosen di rumah terus tiap hari," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 32, Komariah menambahkan, jadwal PTM di sekolahnya pada hari ini hanya diikuti oleh siswa kelas 10 saja, yang mana ada sejumlah jurusan. Diantaranya jurusan Tata Boga, Tata Usaha, dan Perhotelan serta jumlah siswa kelas 1 yang mengikuti kegiatan PTM sebanyak 130 orang.

Dia pun berharap agar kegiatan belajar mengajar secara tatap muka bisa tetap dilakukan lantaran cara belajar di SMK itu berbeda dengan sekolah pada umumnya.

"Pasti kalau mengajar itu kan lebih enak berhadapan langsung, apalagi kan kami SMK itu kan praktek, kalau praktek itu lebih enak langsung bertatap muka yah. Kasihan anak-anak SMK kalau mereka terus PJJ," katanya. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini