Share

Harapan Siswa : Semoga PTM Terbatas Terus Diperpanjang

Indra Purnomo, MNC Portal · Senin 30 Agustus 2021 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 65 2463281 harapan-siswa-semoga-ptm-terbatas-terus-diperpanjang-cEQLI4wWLv.jpeg Illustrasi siswa sekolah tatap muka (foto; Okezone)

JAKARTA - Siswa SMA 23 Negeri Jakarta Barat, Ramadhan, mengaku senang telah mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di hari pertama ini, Senin (30/8/2021). PTM ini diselenggarakan di 610 sekolah mulai dari jenjang SD hingga SMA/SMK.

Ramadhan, siswa kelas XI IPA SMA 23 Negeri ini mengatakan, dengan adanya PTM dirinya dan teman-temannya bisa belajar secara fokus. Pasalnya, Ramadhan tinggal di daerah yang sulit koneksi internet.

"Dengan adanya tatap muka ini kita belajar lebih fokus dan lebih meresap ilmunya ke otak dibanding lewat Google Meet," kata Ramadhan saat ditemui MNC Portal Indonesia di SMA 23 Negeri, Jakarta Barat, Senin (30/8/2021).

Baca juga:  Ketika Siswa Tak Saling Kenal di Sekolah

Ramadhan juga menyebutkan, bahwa sekolah SMA 23 Negeri telah memfasilitasi kebutuhan siswa untuk menerapkan protokol kesehatan. Dengan begitu, ia tidak begitu khawatir untuk mengikuti PTM ini.

Dia juga mengungkapkan, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membuat drinya sulit untuk berkonsentrasi. Apalagi selama PJJ dibutuhkan koneksi internet yang stabil demi proses belajar yang baik dan lancar.

Baca juga;  Usai Vaksinasi di MNC Studios, Siswa SMP Ini Tidak Sabar Ingin Sekolah Tatap Muka

"Saya berharap semoga PTM ini berlangsung terus. Tidak ada PJJ. Karena PJJ itu benar-benar susah untuk kita meresap ilmu. Jadi menurut saya semoga PTM ini diperpanjang dan seterusnya," ujar Ramadhan.

Sementara itu, Guru SMA Negeri 23 Negeri Ikhsan Hendrajaya juga mengungkapkan bahwa siswanya merasa canggung serta senang dengan adanya PTM ini. Ia berujar PTM ini dapat meningkatkan rasa percaya diri para siswa.

"Anak-anak merasa canggung, ia juga merasa senang karena selama PJJ itu mereka mau nanya juga ragu-ragu, karena apa yang dia sampaikan oleh guru tidak bisa diterima dengan jelas," kata Ikhsan saat ditemui MNC Portal Indonesia.

Menurut Ikhsan, para siswa harus tetap dibimbing baik selama PJJ atau PTM demi kualitas para siswa itu sendiri. Ia mengimbau kepada para siswa agar memanfaatkan PTM ini sebagai proses belajar yang baik.

"Kalau PTM ini, dengan begitu mereka bisa tatap muka, bisa langsung nanya. Manfaatin kesempatan tatap muka itu untuk hal-hal yang belum jelas. Tanyakan langsung kepada gurunya," ujar Ikhsan. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini