Mahasiswi Termuda Unpad Berusia 16 Tahun, Diterima di Fakultas Hukum lewat SNMPTN

Neneng Zubaidah, Koran SI · Rabu 25 Agustus 2021 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 65 2460724 mahasiswi-termuda-unpad-berusia-16-tahun-diterima-di-fakultas-hukum-lewat-snmptn-7hUjRgGELQ.jpg Mahasiswa muda Unpad, Salwa (foto: Dok Unpad)

JAKARTA - Salwa Naya Syakirah menjadi mahasiswa baru Universitas Padjadjaran, tahun akademik 2021/2022 dengan usia paling muda diantara mahasiswa seangkatan lainnya.

Salwa yang saat ini berusia 16 tahun 7 bulan ini berhasil diterima menjadi mahasiswa pada Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unpad melalui jalur SNMPTN.

“Perasaannya tidak menyangka bisa diterima di Unpad. Saya senang sekali,” ujar Salwa dilansir dari laman resmi Unpad di unpad.ac.id, Selasa (24/8/2021).

Baca juga:  Program MBKM Kolaborasi Unpad-ITB Resmi Diluncurkan

Salwa merupakan mahasiswa asal Pekanbaru, Riau. Lahir pada 15 Januari 2005, Salwa terhitung masuk sekolah dasar relatif cepat, yaitu pada usia 5,5 tahun. Pendidikannya di SD maupun SMP diselesaikan dengan normal, yaitu 6 dan 3 tahun.

Barulah ketika menjalani studi di MAN 2 Pekanbaru, Salwa mampu menyelesaikan studinya dengan waktu hanya 2 tahun. Hal ini terjadi karena Salwa sudah mengikuti program akselerasi sejak duduk di bangku kelas X. Melalui program akselerasi tersebut, siswa yang dinilai mampu menguasai materi bisa diperbolehkan untuk maju lebih cepat.

Baca juga:  Mahasiswa Unpad Kembangkan 5 Software untuk Pengindraan Jauh dan Fisika Batuan

“Kami diberikan modul berisi tugas-tugas. Kalau bisa menyelesaikan tugas itu lebih cepat dan mumpuni, bisa lanjut ke materi selanjutnya,” tutur Salwa.

Pandemi Covid-19 ternyata mengharuskan Salwa untuk menjalani pembelajaran secara daring. Hampir separuh sekolah Salwa dijalani secara daring. Meski sempat mengalami kesulitan saat belajar daring, ia pun mulai terbiasa. Malah, Salwa mengaku, ia lebih fokus ketika sekolah secara daring.

Di masa pengujung sekolahnya, Salwa mulai mencari informasi mengenai perguruan tinggi. Pilihannya jatuh ke Unpad. Selain karena ingin kuliah di Jawa Barat, Salwa melihat Unpad merupakan perguruan tinggi dengan reputasi akademik yang bagus dan terkenal di Indonesia.

“Saya melihat Unpad termasuk universitas yang bagus, terkenal, dan cukup susah buat orang untuk masuk ke Unpad,” ujarnya.

Sekalipun termasuk sebagai perguruan tinggi dengan tingkat keketatan tertinggi, Salwa mantap memilih Unpad saat mendaftar SNMPTN. Ia pun memilih prodi Ilmu Hukum. Menurutnya, FH Unpad merupakan salah satu dari lima kampus hukum terbaik di Indonesia.

Pemilihan prodi Ilmu Hukum ini bukan tanpa alasan. Sejak sekolah, Salwa sudah memiliki kecintaan terhadap salah satu mata pelajaran sosio humaniora.

Selain itu, mempelajari ilmu hukum juga menurutnya memiliki prospek karier yang bagus. Salah satu karier impian yang ingin diraihnya adalah bekerja di Komisi Nasional atau lembaga yang bergerak di bidang HAM dan kemanusiaan. “Passion saya seputar isu HAM yang terjadi di sekitar,” tambahnya.

Setelah menjadi mahasiswa FH Unpad, Salwa berencana untuk menyelesaikan studinya tepat waktu. “Inginnya lulus 3,5 tahun. Dan kalau bisa lulus dengan nilai memuaskan,” ujarnya. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini