Share

49 Mahasiswa Delegasi Pertama IISMA Berangkat ke Irlandia

Neneng Zubaidah, Koran SI · Senin 23 Agustus 2021 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 65 2459729 49-mahasiswa-delegasi-pertama-iisma-berangkat-ke-irlandia-LLdsGowAKH.jpg foto: istimewa

JAKARTA - Sebanyak 49 mahasiswa ikut dalam pelepasan delegasi pertama program Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) ke University Limerick dan University Galway, Irlandia.

Ke-49 mahasiswa berangkat dari Bandara Soekarno Hatta dan dilepas dilepas secara virtual oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam.

“Selamat jalan duta-duta mahasiswa Indonesia, semoga lancar, sehat dan sukses menimba ilmu di perguruan tinggi mitra di Irlandia. Jadilah duta bangsa yang baik, kabarkan keindahan bumi nusantara, keramahan masyarakatnya, keragaman budayanya, kenikmatan kulinernya. Bangun persahabatan global,” katanya melalui siaran pers, Senin (23/8/2021).

Baca juga:  Dihina Jadi Pembantu di Taiwan, Anak Sopir Angkot Buktikan Lulus Kuliah di Meiho University

Sebelumnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim resmi melepas keberangkatan para mahasiswa Penerima Beasiswa Program Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) secara virtual, Senin (9/8).

“Sebanyak 970 mahasiswa dari 98 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia berhasil lulus seleksi program yang akan berlangsung untuk satu semester. Para mahasiswa dilepas meninggalkan tanah air untuk belajar, mencari pengalaman, dan membangun kolaborasi di tingkat dunia untuk menjadi calon pemimpin berwawasan global masa depan” tutur Nadiem.

 Baca juga: Kuliah di Luar Negeri, Ini 5 Keuntungan Pasti yang Kamu Dapat

Para peserta IISMA akan melaksanakan pertukaran mahasiswa di 39 perguruan tinggi kelas dunia di 28 negara. Pencapaian ini merupakan kebanggaan karena para mahasiswa berhasil terpilih dari total 2.551 mahasiswa seluruh Indonesia yang mendaftar program ini.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI London Muhammad Arif Rokhman sudah memantau keberangkatan pertama mahasiswa IISMA. Arif menenangkan para mahasiswa bahwa persiapan ketibaan sudah diatur dengan baik.

“Setibanya nanti, adik-adik mahasiswa harap tenang dan nanti dapat melaporkan kepada KBRI. Selamat dan semoga selamat sampai tujuan,” ujarnya.

Para mahasiswa mengungkapkan rasa terima kasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dan pihak yang terlibat.

“Terimakasih untuk program IISMA yang telah memberikan kami kesempatan untuk menimba ilmu dan mencari pengalaman baru di luar negeri. Doakan kami selamat sampai tujuan dan dapat membanggakan bangsa dan negara di dunia internasional,” ucap salah satu peserta IISMA.

Perwakilan Kantor Urusan Internasional Universitas Negeri Yogyakarta Kartika Ratna Pertiwi turut berterimakasih kepada Program Kampus Merdeka, semoga para mahasiswa dapat berangkat dan sampai tujuan.

“Sangat terharu, delegasi pertama ini menjadi sebuah kebanggaan. Semoga para mahasiswa menjadi duta bangsa yang sebenar-benarnya,” ucapnya.

Ketua Pokja Kampus Merdeka M. Setiawan mengatakan agar para mahasiswa tetap jaga kesehatan dan semangat.

“Selamat dan tetap semangat, jaga kesehatan, bawalah pulang pengetahuan serta pengalaman baru yang bermanfaat untuk diri dan lingkungan sekitar,” pungkasnya. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini