Borong 18 Medali, ITB Juara Umum Kompetisi Nasional MIPA 2021

Arif Budianto, Koran SI · Senin 02 Agustus 2021 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 65 2449694 borong-18-medali-itb-juara-umum-kompetisi-nasional-mipa-2021-qPszQgY3FB.jpg Institute Teknologi Bandung (ITB) (foto: Sindo)

BANDUNG - Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi juara umum pada Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA) 2021. ITB berhasil meraih gelar juara umum setelah memperoleh 18 medali dalam kegiatan tersebut.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek ini merupakan ajang kompetisi sains tingkat nasional untuk jenjang pendidikan tinggi. Perlombakan meliputi bidang matematika, kimia, fisika, dan biologi. Seleksi dimulai dari tingkat perguruan tinggi sejak Februari 2021, lalu disaring ke tingkat wilayah hingga berakhir di tingkat nasional.

Baca juga:  Wujudkan Kampus Berkelas Dunia, ITB Buka Program International Virtual Course

Menyesuaikan situasi pandemi, kompetisi ini diselenggarakan secara daring tahun ini. Seluruh peserta diwajibkan untuk menyalakan kamera selama pelaksanaan seleksi untuk mengurangi kemungkinan tindak kecurangan.

"Meski demikian, mahasiswa ITB tetap semangat dalam mempersiapkan diri dan mengikuti perlombaan hingga memperoleh medali terbanyak," kata Humas ITB, Naomi.

Baca juga: Respon Tantangan di Masa Pandemi, ITB Lakukan Digitalisasi Pendidikan

Pada bidang matematika, ada empat mahasiswa yang meraih medali. Mereka adalah Kinantan Arya Bagaspati (emas), Abdillah Ahmad (emas), Reynald Saputra (perak), Aditya Dwianto (perunggu). Pada bidang kimia, ada lima peraih medali. Mereka adalah Azarya Adirama (emas), Mark Soesanto (emas), Bayu Dwiputra (perak), David (perak), Muhammad Rafli Fadhilah (perunggu).

Bidang fisika juga memiliki lima peraih medali. Mereka adalah Bryan (emas), Arkananta Rasendriya (perak), Dharma Prasetya Permana (perunggu), Muhammad A’an (perunggu), Aulia Anshari Rahman (perunggu). Sementara pada bidang biologi, ada empat peraih medali, di antaranya Christopher Chandra (emas), Amalia Alita Fananda (emas), Alfred Patisenah (perak), Josefanny (honorable mention).

Segenap civitas academica ITB lantas mengucapkan selamat kepada para medalis KNMIPA 2021. Mereka juga mengapresiasi Anju sebagai salah satu mahasiswa ITB yang turut berjuang pada bidang biologi. Prestasi ini diharapkan dapat menjadi pemantik prestasi lainnya yang dapat mengharumkan nama almamater. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini