Siswa SD Ini Raih Medali Emas di Ajang Olimpiade Sains Internasional

Agregasi KR Jogja, · Jum'at 30 Juli 2021 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 65 2448328 siswa-sd-ini-raih-medali-emas-di-ajang-olimpiade-sains-internasional-czTX8yxWTE.jpg Siswa SD peraih medali emas, Arsyad (foto: ist)

YOGYAKARTA - Siswa SD Muhammadiyah Sapen kembali meraih prestasi membanggakan tingkat Internasional. Kali ini prestasi dipersembahkan oleh Arsyad Abrisam Purnomo, siswa kelas 3 Cerdas Istimewa Bidang Matematika dan IPA (CIMIPA).

Arsyad, demikian sapaan akrabnya, berhasil meraih medali emas pada Final Hong Kong International Science Olympiad (HKISO) yang dilaksanakan secara virtual dan diumumkan pada Awarding, Minggu 25 Juli 2021. Final HKISO diselenggarakan atas kerja sama OCEC (Olympiad Champion Education Centre) dengan NUS (National University of Singapore).

Baca juga:  9 Siswa Madrasah di Jakarta Juara Olimpiade Sains, Ini Nama-namanya

Kompetisi HKISO merupakan kompetisi bidang sains yang memperkenalkan dan menumbuhkan ketertarikan siswa di bidang IPA, termasuk bagaimana memecahkan masalah lewat eksperimen, kemampuan berpikir kritis, kreatif dan kolaborasi. Arsyad merupakan satu-satunya peserta dari Indonesia yang berhasil meraih medali emas untuk level kelas 2.

“Saya merasa sangat senang bisa memberikan yang terbaik untuk bangsa,” ungkap Arsyad.

 Baca juga: Membanggakan, Guru Madrasah Juara Olimpiade Sains

Ia juga menceritakan peran penting orang tuanya dalam mendampingi sedari persiapan lomba hingga akhir lomba dan guru pembina yang secara rutin membimbingnya.

Heru Waseso, Pembina Olimpiade SD Muhammadiyah Sapen menyatakan, Arsyad merupakan salah satu siswa yang memiliki talenta membanggakan. Selama masa pandemi ini, Arsyad telah meraih 7 medali internasional, Silver medal American Mathematic Olympiad (AMO) dari Singapore, Gold medal Thailand Mathematical Olympiad (TIMO) dari Thailand, Honorable mention International Science Contest (ISC).

Kemudian Silver medal World Mathematics Invitational (WMI), Gold medal Mathematics Without Borders – Spring (MWB) dari Bulgaria, Bronze medal International Kangaroo Mathematis Contest (IKMC), dan terakhir Gold medal Final Hong Kong International Science Olympiad (HKISO) dari Hongkong.

Lima prestasi nasional Arsyad, Juara 1 Final Open Math & Science Competition bidang matematika, Gold medal Indonesia Math Science Competition penyisihan bidang matematika, Juara 1 Final Indonesia Math Science Competition bidang matematika, Gold medal ROC Aritmatika & Aljabar, dan Gold medal Galileo Alchemist Competition.

Agung Rahmanto, Kepala SD Muhammadiyah Sapen mengapresiasi setinggi-tingginya atas torehan prestasi yang diraih anak didiknya.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya untuk ananda Arsyad. Ananda Arsyad telah berjuang untuk mengharumkan nama bangsa dan menjadi pemantik bagi teman-teman lainnya untuk belajar lebih keras lagi hingga dapat berprestasi,” ungkapnya. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini