Sekolah di Jepang Gunakan Teknologi AR Ajari Siswa Tentang Bahaya Bencana

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 23 Juli 2021 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 65 2444950 sekolah-di-jepang-gunakan-teknologi-ar-ajari-siswa-tentang-bahaya-bencana-SfIoSDmWUj.png Siswa di Jepang saat gunakan teknologi AR terkait banjir bandang (foto: tangkapan layar)

JAKARTA - Sekolah Dasar di Jepang mengajari siswa-siswanya tentang bahaya banjir bandang, menggunakan teknologi augmented reality (AR).

Berdasarkan video unggahan Vaccinated by AstrazeNico di akun twitternya, @NCLYS, Jumat (23/7/2021).

"Sekolah dasar di Jepang menjalankan lokakarya menggunakan teknologi, tablet digunakan untuk mensimulasikan banjir bandang, menunjukkan kepada anak-anak seberapa cepat air banjir dapat naik," tulis keterangan naskah di video tersebut.

Baca juga:  Intip Persiapan Jepang Sambut Perhelatan Akbar Olimpiade Tokyo 2020

Simulasi dengan menggunakan teknologi augmented reality (AR), pengalaman yang tak terlupakan daripada jenis pelajaran lainnya.

"Simulasi bencana dapat mengajari orang cara terbaik untuk bereaksi dalam keadaan darurat, jadi jika bahaya terjadi mereka tahu cara keluar dari bahaya dengan cepat, realitas virtual yang lebih mendalam juga digunakan dalam pelatihan untuk kebakaran dan gempa bumi," tuturnya.

Baca juga: Pasang Tulisan 'Hanya untuk Orang Jepang', Hotel Ini Tuai Kecaman

Teknologi augmented reality (AR) menciptakan pengalaman yang tak terlupakan, sehingga dapat menyelamatkan nyawa dengan sedikit biaya jika bencana terjadi.

"Teknologi ini menciptakan pengalaman yang tak terlupakan dan mendorong partisipasi, tetapi sulit karena alatnya mahal dan membutuhkan ahli, latihan evakuasi reguler dan perencanaan skenario menyelamatkan nyawa dengan sedikit biaya," pungkasnya. (din)

(rhs)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini