5 Cara Menekan Pengeluaran Mahasiswa agar Kantong Tak Jebol

Senin 18 Maret 2019 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 15 65 2030387 5-cara-menekan-pengeluaran-mahasiswa-agar-kantong-tak-jebol-1kp9Nn18JP.jpeg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Menjadi mahasiswa memang menyenangkan. Menjalankan hidup untuk mengenyam pendidikan dan mencari ilmu merupakan hal yang sangat baik dan harus dilakukan oleh setiap orang.

Belum lagi kehadiran teman-teman yang asyik membuat kehidupan para mahasiswa selalu berwarna. Tetapi, jika kita berbicara tentang kondisi keuangan maka dapat dibilang menjadi mahasiswa cukup memusingkan.

Dengan situasi di mana mahasiswa harus menempuh jadwal kuliah yang cukup ketat, mahasiswa juga memiliki beberapa kebutuhan karena usia sudah beranjak dewasa.

 Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan untuk Mahasiswa

Apabila kamu merupakan mahasiswa, kamu pasti paham betul dengan hal tersebut. Untuk itu, di sinilah kamu harus memulai menekan pengeluaran dan rajin menabung selama menjadi mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang.

Berikut ada 5 cara yang dapat dilakukan guna menekan pengeluaran seperti dikutip Antaranews, Jakarta, Senin (18/3/2019).

1. Gunakan keuntungan kartu mahasiswa

Kartu mahasiswa tidak hanya berguna untuk identitas. Sebab kartu itu juga dapat memberikan kamu berbagai macam keuntungan seperti diskon-diskon dan promo tertentu. Beberapa brand dan tempat makan acap kali memberikan penawaran spesial kepada mereka yang berstatus sebagai mahasiswa. Jadi, buatlah kartu mahasiswa kamu dan jangan pernah sampai kehilangan.

 

2. Teliti sebelum membeli dan selalu manfaatkan diskon

Sebagai seorang mahasiswa kamu harus teliti dalam setiap hal, tidak terkecuali ketika pergi berbelanja. Lihatlah kode promosi atau diskon yang ada saat ingin membeli barang-barang atau kebutuhan. Manfaatkan diskon dan promo yang ada untuk menekan pengeluaran belanjamu.

3. Cari tempat makan yang kasih diskon buat mahasiswa

Ketika kamu dan teman-teman memutuskan untuk berpergian dan makan, carilah tempat makan yang menawarkan diskon mahasiswa. Hal ini akan sangat membantu dalam menjaga situasi keuangan.

 Baca Juga: Calon Mahasiswa, Simak 5 Tips Mengatur Keuangan untuk Kuliah

4. Jual barang tidak terpakai

 

Jika kamu memiliki beberapa barang yang tidak terpakai, lebih baik kamu menjualnya secara online. Daripada kamu membiarkan barang tersebut berdebu di kamarmu, lebih menjadikannya uang lebih untuk tabunganmu, bukan?

5. Mulai cari uang sendiri

Sebagian dari kamu yang berstatus mahasiswa tentu masih menerima subsidi dari orang tua. MUlai dari biaya untuk pendidikan, makan, transpor, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Tapi, pernahkah kamu berpikir untuk memulai menghasilkan uang sendiri? Entah itu dari jalan magang, menjadi pekerja freelance, atau bahkan memulai bisnis sendiri.

Dengan begitu, kamu akan memiliki uang sendiri untuk tambahan segala keperluan yang ada, dan bisa merencakan untuk memiliki tabungan masa depan sejak dini.

 

Sedia makanan instan

Bagi kamu yang berstatus mahasiswa pastinya familiar sekali dengan yang namanya mie instan. Ya, makanan-makanan instan seperti mie dan sebagainya dapat menjadi penyelamat kamu di saat kamu tidak memiliki uang lebih untuk membeli makanan.

Terutama bagi kamu yang menjadi mahasiswa perantau dan mengontrak di rumah kos. Namun, bukan artinya kamu harus setiap hari mengonsumsi makanan instan! Sebab bisa merusak kesehatan dan malah membuat pengeluaran semakin besar nantinya ketika sakit.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini