Share

Kini Mahasiswa Trisakti Bisa Nikmati TSC, Apa Itu?

Rafida Ulfa, Okezone · Rabu 03 Oktober 2018 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 03 65 1959226 kini-mahasiswa-trisakti-bisa-nikmati-tsc-apa-itu-B5F2xpkYPt.jpg Universitas Trisakti (Foto: Okezone)

JAKARTA - Universitas Trisakti meresmikan Trisakti Smart Classroom (TSC) yang terletak di Fakultas Teknologi Industri. TSC yang mempunyai luas 142 m2 adalah bagian dari komitmen Universitas Trisakti dalam menciptakan lebih banyak metode pembelajaran yang memenuhi kebutuhan dosen dan mahasiswa.

TSC menyediakan berbagai kuliah dan pelatihan terkait pengetahuan dan keterampilan yang sangat dibutuhkan, mulai dari bahasa, teknologi informasi dan komunikasi (TIK), juga sertifikasi dan kebutuhan dunia kerja lainnya.

Baca Juga:  Mahasiswa Trisakti Terlibat Pemalsuan Dokumen Pendaftaran Akpol

TSC diresmikan langsung oleh Rektor Universitas Trisakti, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, MSc, PhD, yang juga Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI bersama-sama dengan Wakil Presiden yang juga merupakan Direktur Jenderal Taiwan Institute for Information Industry (III), Dr. I-Chang Tsai serta disaksikan oleh pejabat Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi, Perwakilan dari perguruan tinggi lain, perwakilan dari Nahdlatul Ulama, perusahaan industry TIK media dan perwakilan industri teknologi pendidikan Taiwan.

Pada kesempatan ini pula ditandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding – MoU) antara kedua belah pihak untuk melakukan alih teknologi pada Pendidikan tinggi.

trisakti

“Ini adalah projek internasional pertama Universitas Trisakti yang didukungan oleh berbagai pihak, mulai dari pemerintah, akademi, penelitian sampai bisnis. Ini adalah langkah pertama tapi kami berharap pada langkah selanjutnya kami dapat mengajak universitas lain juga mengimplementasikan metode pembelajaran ini," ujar Ali Ghufron Mukti.

Baca Juga:  Meneropong Nasib Trisakti dan UNJ di 2018

"Filosofi kami berangkat dari Pendidikan 4.0 yaitu inovasi yang dirancang untuk belajar dan memperkuat keterampilan abad ke-21 termasuk multi-bahasa, komunikasi digital, pemikiran kritis, kreativitas dan kolaborasi. Filosofi ini menumbuhkan kecintaan untuk belajar sepanjang hayat (lifelong learning) dan menciptakan hubungan yang berarti dalam kehidupan kampus," sambung Ali Gufron Mukti.

Taiwan Institute for Information Industry telah lama diakui sebagai pemimpin riset teknologi Pendidikan secara konsisten bekerja sama dengan industri TIK Taiwan. Implementasi pertama untuk layanan TSC meliputi learning management system (LMS), penilaian tenaga pengajar, virtual reality (VR) untuk laboratorium kimia dan fisika, analisis suasana pembelajar, pelatihan pembuatan dan pengembangan materi pembelajaran dengan papan elektronik interaktif (touch panel) dari berbagai bidang, Platform desain buku digital dan alat bantu rekam visual.

Follow Berita Okezone di Google News

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini