Siswa Yogyakarta Paling Jujur saat UN SMA

Iradhatie Wurinanda, · Rabu 11 Mei 2016 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 11 65 1385760 siswa-yogyakarta-paling-jujur-saat-un-sma-84cU2Pkm8U.jpg Suasana ujian nasional berbasis kertas. (Foto: Iradhatie W/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) merilis 10 provinsi dengan indeks integritas ujian nasional (IIUN) tertinggi. Dari data tersebut, Provinsi Yogyakarta menjadi wilayah dengan IIUN tertinggi, baik pada kelompok IPA maupun kelompok IPS.

Mendikbud Anies Baswedan menjelaskan, IIUN tersebut diukur berdasarkan hasil ujian nasional berbasis kertas pensil (UNKP). Sehingga, sekolah-sekolah yang menjalankan UN berbasis komputer (UNBK) tidak termasuk dalam perhitungan pemeringkatan tersebut.

"Yogyakarta menjadi provinsi dengan indeks integritas tertinggi, baik pada IPA dan IPS," ujarnya dalam konferensi pers hasil UN SMA atau sederajat di Gedung A Kemdikbud Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Anies mengungkapkan, alasan hanya membandingkan hasil UNKP supaya hasil IIUN lebih valid karena sistemnya sama. Sedangkan UNBK sendiri dianggap minim kecurangan dibandingkan UNKP.

"Mengukur kecurangan itu lebih mudah dibandingkan mengukur kejujuran. Ketika ada nilai IIUN 80 artinya 20 persen siswa di sekolah tersebut menunjukkan pola kecurangan saat ujian," terangnya.

Setelah Provinsi Yogyakarta, wilayah peraih IIUN berikutnya pada kelompok IPS adalah Bangka Belitung dan DKI Jakarta. Sementara pada kelompok IPA, peringkat kedua diduduki Provinsi Bangka Belitung disusul dengan Provinsi Banten di posisi ketiga.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini