Share

Berawal dari Blog, Guru Ini Raih Penghargaan Kemdikbud

ant, · Selasa 12 April 2016 18:49 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 12 65 1360819 berawal-dari-blog-guru-ini-raih-penghargaan-kemdikbud-IZTAjoAjfJ.jpg Hobi menulis di blog, seorang guru akhirnya dapatkan penghargaan dari Kemdikbud. (Foto: Dok. Okezone)

TANJUNG - Seorang guru di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Deni Ranoptri, mendapat penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setelah berhasil membuat blog berisi materi media pembelajaran bagi sekolah dasar dengan berbasis teknologi informasi.

Deni yang guru Sekolah Dasar Negeri 1 Nawin Hilir, Kecamatan Haruai itu di Tanjung, Selasa, mengaku karena hobinya menulis di blog itu, ia bisa mendapatkan pemasukan hingga dua ribu dolar Amerika Serikat per bulan atau sekitar Rp30 juta.

"Semula blog yang saya buat hanya sebagai bahan media pembelajaran di kelas bagi siswa sekolah dasar dengan berbasis teknologi informasi sampai akhirnya banyak pengunjung dari kalangan guru di luar daerah," katanya.

Penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diterima Deni pada Desember 2015 kategori individu untuk blogger pendidikan, termasuk Anugerah Peduli Pendidikan dari blog inspiratifnya tersebut.

Deni mengungkapkan penghargaan Anugerah Peduli Pendidikan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan usulan dari para guru di luar Kalimantan yang menerapkan langsung media pembelajaran tersebut.

Blog dengan alamat Guru S-D.Net yang ditulis Deni hingga saat ini terus memberikan tambahan penghasilan sekitar Rp36 juta per bulan mengingat jumlah pengunjung di blognya mencapai 10 ribu kunjungan per harinya.

"Pengunjung blog kebanyakan kalangan guru dari luar Kalimantan dengan jumlah kunjungan mencapai 10 ribu per harinya," katanya.

Penghasilan tambahan dari membuat blog tersebut digunakan Deni selain untuk membeli tanah juga kebutuhan penunjang atau sarana prasarana dalam pengembangan blog, mengingat fasilitas teknologi informasi saat ini kurang mendapat dukungan dari pemerintah daerah.

Selain meraup keuntungan dari blog-nya, Deni juga banyak mendapat tawaran untuk memberikan materi pembuatan blog untuk media pembelajaran di sejumlah daerah, baik di wilayah Kalimantan Selatan maupun Kalimantan Tengah. (afr)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini