Share

Ombudsman Temukan Bocoran Kunci Jawaban UN 2016

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Senin 04 April 2016 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 04 65 1353612 ombudsman-temukan-bocoran-kunci-jawaban-un-8206-lHcqciYCqZ.jpg Panitia UN 2016 memeriksa bundel soal ujian di gudang soal. (Foto: Antara)

MEDAN – Ujian Nasional (UN) 2016 untuk tingkat SMA/sederajat yang berlangsung mulai hari ini diwarnai penemuan lembaran kertas yang diduga sebagai bocoran kunci jawaban. Lembaran tersebut diambil dari salah seorang siswa di SMAN 2 Medan.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara Abyadi Siregar mengatakan, siswa yang membawa bocoran kunci jawaban itu diamankan dari salah satu ruang ujian di sekolah tersebut. Sebelumnya pihak Ombudsman dan perwakilan sekolah melihat siswa tersebut mengeluarkan lembaran kertas itu dari dompetnya, sesaat sebelum memasuki sekolah.

"Begitu dia masuk kelas, kami minta pengawas untuk memeriksa yang bersangkutan dan kami menemukan lembaran kertas yang diduga bocoran jawaban UN 2016," sebut Abyadi.

‎

(Baca juga: Siswa Tangerang Terima Pesan Berantai Kunci Jawaban UN 2016)

Ia menerangkan, dugaan jika lembaran kertas itu merupakan bocoran jawaban UN 2016 adalah karena lembaran kertas tersebut berisi angka dan huruf-huruf serta beberapa pertanyaan bahasa Indonesia yang memang diujikan pada hari ini. Abyadi pun menduga bocoran jawaban UN 2016 itu dibuat dan beredar secara sistemis.

"Bukan siswa yang membuat. Lihat saja, lembaran ini diketik rapi dan bukan satu lembar saja. Apalagi tadi malam kami juga sudah mendengar banyak bocoran UN 2016 sudah beredar," tandasnya.

(Baca juga: Polisi Telusuri SMS Kunci Jawaban UN 2016 di Jombang)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini