Selamat Hari Sarjana Nasional!

Iradhatie Wurinanda, · Selasa 29 September 2015 05:59 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 29 65 1222516 selamat-hari-sarjana-nasional-xAI6P1FTL3.jpg Ilustrasi: dok. Okezone

JAKARTA - Berbagai hari dan peristiwa penting, baik di tingkat nasional maupun internasional diperingati pada bulan September. Salah satunya, bagi kalangan akademisi yaitu memperingati Hari Sarjana Nasional setiap 29 September.

Meski demikian, keberadaan Hari Sarjana Nasional ini hanya sayup-sayup terdengar. Berdasarkan penelusuran Okezone, belum ditemukan sebuah keterangan mengenai landasan historis ditetapkannya 29 September sebagai Hari Sarjana Nasional. Bahkan, meski terdengar setiap tahun, belum ada selebrasi atau peringatan besar untuk memperingatinya.

Penentuan hari besar nasional dan internasional sendiri berbeda dengan penentuan hari besar keagamaan yang mengacu pada perhitungan berdasarkan pergerakan bumi, bulan, matahari, atau adanya peristiwa yang dipercaya memiliki nilai spiritual. Beberapa hari penting memang diperingati lantaran ada peristiwa sejarah yang melatarbelakanginya. Sebagai contoh, Hari Pendidikan Nasional yang ditetapkan pemerintah setiap 2 Mei merupakan tanggal lahir sang guru bangsa, Ki Hajar Dewantara. Namun, beberapa hari nasional dan internasional dipilih secara acak untuk mengapresiasi atau memberikan semangat juang bagi suatu hal tertentu.

Hari Sarjana Nasional sendiri bertujuan untuk mengapresiasi para sarjana yang telah berhasil mencapai strata intelektualitas. Para sarjana dianggap menjadi salah satu penentu kemajuan bangsa. Pasalnya, mereka merupakan aset bangsa yang diharapkan memberi sumbangsih bagi pembangunan.

Berdasarkan uraian tersebut, peringatan Hari Sarjana Nasional bisa menjadi momentum para sarjana untuk melakukan evaluasi. Apalagi, saat ini masih banyak masalah terkait sarjana yang terjadi di Indonesia. Di antaranya, yakni masalah sarjana yang masih menganggur, hingga kasus jual beli ijazah untuk memperoleh gelar tertentu.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini