Share

Masalah yang Umum Dihadapi Mahasiswa

Iradhatie Wurinanda, · Selasa 01 September 2015 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 31 65 1205758 masalah-yang-umum-dihadapi-mahasiswa-I3442jZAb6.jpg Mahasiswa baru harus terbuka dalam mencari teman. (Foto: shutterstock)

JAKARTA - Kuliah bebas hambatan pasti akan menyenangkan, ya. Nyatanya, setiap mahasiswa pasti mengalami berbagai masalah. Bahkan, masalah tersebut membuat hidup penuh warna.

Nah, para mahasiswa baru wajib tahu berbagai masalah umum yang mungkin akan kamu hadapi selama menjadi mahasiswa nanti.

Keuangan

Ini adalah masalah yang paling sering dihadapi mahasiswa. Jika termasuk mahasiswa rantau, tentu kamu harus pandai mengatur pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Supaya kamu tetap bisa bertahan sampai uang bulanan ditransfer lagi, pertimbangkan biaya yang kamu gunakan untuk makan, transportasi, bayar kos dan keperluan kuliah.

Dosen

Kamu akan menjumpai berbagai tipe dosen saat perkuliahan, dari mulai baik, pelit nilai, sampai killer. Nah, untuk menghadapinya, kamu harus pintar-pintar dalam bersikap di depan mereka. Jangan sampai kamu terkena masalah yang berimbas pada nilai akademismu.

Nilai

Masalah akademis adalah hal yang paling dikeluhkan para mahasiswa. Apalagi, jika dalam suatu mata kuliah kamu harus mengulang. Kalau kamu mengalami hal tersebut, jangan putus asa. Carilah mentor atau kelompok belajar untuk membantumu memperbaiki nilai.

Teman

Hubungan pertemanan tidak selalu berjalan mulus. Perbedaan pendapat antar-teman itu merupakan hal biasa. Hanya saja, sebagai mahasiswa yang sudah cukup dewasa kamu harus lebih bijak saat berada dalam sebuah konflik.

Putus cinta

Selain pertemanan, kamu mungkin akan mengalami masalah percintaan selama kuliah. Misalnya, putus dengan pacar yang sudah lama menjalin hubungan bersama. Merasa sedih atau galau tentu wajar, tapi kamu juga harus bisa mengontrol diri, jangan sampai mempengaruhi kuliah dan nilai.

Kesehatan

Gangguan kesehatan sering dialami mahasiswa karena pola hidup yang tidak sehat. Beberapa penyakit yang sering diderita, yakni maag dan flu. Selain itu, terlalu sering begadang dan jarang olahraga juga membuat mahasiswa sering terserang penyakit.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini