Share

Tips Daftar Ulang Kuliah

Iradhatie Wurinanda, · Rabu 22 Juli 2015 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 15 65 1182448 tips-daftar-ulang-kuliah-hyWE5vrF2v.jpg Pakailah baju senyaman mungkin, untuk membuatmu nyaman melakukan daftar ulang. (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Selamat bagi para peserta yang lolos SBMPTN 2015! Satu langkah untuk menjadi seorang mahasiswa sudah kamu lewati. Kini, saatnya untuk daftar ulang dan mengurus segala administrasi di kampus idamanmu tersebut.

Umumnya saat proses daftar ulang, perguruan tinggi akan meminta para peserta yang lolos untuk datang ke kampus tersebut. Setiap kampus biasanya sudah mengatur jadwal daftar ulang berdasarkan fakultas atau jurusan supaya tidak terlalu padat. Nah, supaya enggak ada yang terlewat, simak beberapa persiapan yang harus kamu lakukan menjelang daftar ulang kuliah.

1. Dokumen

Ketika daftar ulang kuliah, banyak dokumen yang diminta oleh kampus sebagai syarat dan kepentingan administrasi. Beberapa dokumen yang wajib kamu siapkan di antaranya, ijazah atau surat keterangan lulus, rapor, bukti pembayaran bank, kartu bukti peserta SBMPTN, akte kelahiran, kartu keluarga (KK), surat keterangan kesehatan, kartu identitas (KTP dan kartu pelajar), pas foto berbagai ukuran, serta formulir yang diberikan kampus untuk kamu isi. Jangan lupa untuk memfotokopi dokumen-dokumen itu ya!

2. Botol minum sendiri

Jumlah peserta yang diterima oleh suatu perguruan tinggi banyak, sehingga berpeluang untuk terjadi antrean yang panjang. Supaya kamu tidak kehausan selama mengantre daftar ulang, sebaiknya bawa minum dari rumah. Selain lebih hemat dan sehat, membawa botol minum sendiri akan mengurangi sampah di sekitar kampus.

3. Bekal makanan

Jika kamu baru pertama kali datang ke kampus tersebut, pasti kamu belum tahu letak kantin atau tempat makan yang sesuai dengan selera. Membawa bekal akan lebih praktis untuk mengatasi rasa lapar selama proses daftar ulang. Jika malas membawa bekal makanan ringan, membawa camilan juga bisa menjadi alternatif.

4. Kipas tangan

Tidak jarang para calon mahasiswa kepanasan saat menunggu atau mengantre daftar ulang. Ada baiknya kamu sedia kipas di dalam tas.

5. Pakai sepatu dan pakaian yang nyaman

Ketika daftar ulang kuliah, pakailah pakaian dan sepatu yang nyaman. Supaya tidak kegerahan, pakai pakaian dengan bahan yang menyerap keringat. Begitu juga dengan sepatu, sebaiknya kamu menggunakan sepatu flat atau sneakers. Meski demikian, pastikan penampilanmu tetap rapi dan formal.

6. Kenalan sama teman baru

Sambil mengantre daftar ulang, enggak ada salahnya jika kamu berkenalan dengan sesama calon mahasiswa. Jika perlu kamu juga bisa saling bertukar kontak. Siapa tahu dia akan menjadi sahabatmu selama kamu kuliah di kampus tersebut. (afr)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini