Share

Semarak Ramadan di Kampus UMY

Afriani Susanti , Okezone · Selasa 07 Juli 2015 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 07 65 1177590 semarak-ramadan-di-kampus-umy-Q7Ddq7hXBl.jpg UMY menggelar rangkaian acara Ramadan di Kampus dengan berbagai kegiatan Islami. (Foto: dok. UMY)

JAKARTA - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyemarakkan bulan suci Ramadan. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melalui berbagai kegiatan bertema Islami.

Untuk kelompok anak usia TK dan SD, ada lomba mewarnai, kaligrafi dan cerdas cermat agama (CCA). Bahkan, ada juga lomba Pilihan Daí Cilik (Pildacil). Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris UMY Eni Safitri, menjelaskan, tercatat 192 peserta memeriahkan berbagai kegiatan Ramadan di Kampus (RDK) UMY tersebut.

"Kami mengundang 20 TPA yang tersebar di lingkungan kampus agar anak didiknya bisa ikut berpartisipasi dalam rangkaian lomba yang kami selenggarakan ini," ujar Eni seperti dikutip dari laman UMY, Selasa(7/7/2015).

Para peserta berusia empat hingga delapan tahun tersebut berkompetisi meraih gelar juara serta membawa pulang piala, sertifikat dan uang pembinaan. Eni menambahkan, kegiatan RDK UMY memberi kesempatan agar anak-anak bisa lebih banyak berpartisipasi pada lomba-lomba keagamaan.

"Selain itu, melatih mereka supaya bisa merasakan kualitas diri masing-masing terkait seberapa jauh pemahaman tentang lomba-lomba tersebut," imbuhnya.

Selain menggelar lomba-lomba keagamaan, civitas akademika UMY juga menggelar acara buka bersama dengan anak yatim piatu. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 1000 anak yatim diundang untuk menghadiri acara tersebut.

Salah satu panitia, Arifah Azizah, menjelaskan, acara ini bukan sekadar buka puasa bersama namun juga akan memberikan kebahagian antarsesama, terutama bagi anak-anak yatim. "Selain itu, kami juga ingin agar kegiatan ini menjadi salah satu sarana bagi mereka untuk saling memperlihatkan bakat-bakatnya kepada anak-anak lainnya," tutur Arifah, seperti dikutip dari laman UMY, Selasa (7/7/2015).

Anak-anak yang diundang menampilkan berbagai keterampilan seperti drama kolosal dan pertunjukan nasyid. Selain itu, ada juga tausiyah yang disampaikan menjelang waktu berbuka puasa.

Arifah mengimbuhkan, panitia mengundang 1.000 anak yatim piatu dari 16 panti asuhan di sekitar Kulon Progo dan Bantul. Dia berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi pintu silahurahmi bagi mahasiswa dan anak-anak yatim.

"Semoga di tahun-tahun berikutnya kami bisa mengajak lebih banyak komunitas untuk bergabung," imbuhnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini