Share

Malaysia Juga Pakai UN untuk Daftar Kuliah

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Kamis 29 Januari 2015 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 29 65 1098933 malaysia-juga-pakai-un-untuk-daftar-kuliah-mM3CgStVsi.jpg Pelajar Indonesia dapat menggunakan hasil UN untuk mendaftar kuliah di dalam maupun di luar negeri. (Foto: dok. Okezone)

JAKARTA - Hasil Ujian Nasional (UN) menjadi salah satu syarat pendaftaran masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia. Ternyata, Malaysia juga menerapkan syarat yang sama dalam pendaftaran kuliah.

Bahkan, menurut Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Prof. Ir. Nizam mengatakan, Malaysia menetapkan bobot hingga 90 persen untuk porsi nilai UN. Sementara 10 persen lainnya berasal dari prestasi dalam berbagai bidang seperti olahraga, seni dan sebagainya.

"Tahun lalu, mereka menggunakan skor 6,0 untuk passing grade di Indonesia," ujar Nizam, di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Nizam melanjutkan, nilai UN nantinya tidak hanya diakui di Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Sistem ini akan memudahkan anak-anak Indonesia untuk masuk ke jenjang perguruan tinggi, baik di dalam maupun luar negeri.

Mulai tahun ini, pemerintah menetapkan UN sebagai alat pemetaan dan tidak lagi menjadi standar kelulusan. Pemerintah juga akan menggelar UN di awal semester guna memberikan kesempatan siswa mengulang jika hasil UN mereka belum baik.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini