Share

Gelar Open Days, Prodi Fisika ITERA Ajak Siswa SMA di Lampung Merasakan Kuliah Sehari

Ira Widyanti, · Sabtu 28 Januari 2023 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 28 65 2754653 gelar-open-days-prodi-fisika-itera-ajak-siswa-sma-di-lampung-merasakan-kuliah-sehari-Azw2HIzzjX.jpg Open Days di ITERA/Dok. Humas ITERA

LAMPUNG - Program Studi (Prodi) Fisika, Jurusan Sains, Institut Teknologi Sumatera (ITERA) gelar kegiatan Prodi Fisika Open Days, Sehari Kuliah di Prodi Fisika dan Open Laboratorium Fisika, pada Kamis (26/1/2023) hingga Jumat (27/1/2023) di Aula Gedung C Kampus ITERA.

Dalam kegiatan tersebut, ratusan siswa dari berbagai sekolah di Provinsi Lampung merasakan menjadi mahasiswa Prodi Fisika ITERA selama sehari, hingga mengikuti praktikum di laboratorium.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITERA Profesor Dr. Eng. Khairurrijal tersebut mengundang para pelajar SMA/sederajat dari 25 sekolah yang berasal dari Bandarlampung, Metro, Lampung Timur, Lampung Selatan, dan Pringsewu.

Dalam kesempatan tersebut Profesor Dr. Eng. Khairurrijal turut menjadi pemateri utama bersama dosen luar biasa (DLB) Fisika ITERA Dr. Eng Alamta Singarimbun.

Ketua Jurusan Sains ITERA Dr. Ikah Ning Prasetiowati Permanasari menyampaikan apresiasi atas kehadiran para siswa dan guru dari berbagai sekolah untuk mengikuti kegiatan Fisika Open Days.

Follow Berita Okezone di Google News

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi sarana dalam mengenalkan Program Studi Fisika di ITERA lebih luas," ujar Dr. Ikah, Jumat (27/1/2023).

Selain itu, Dr. Ikah juga mempersilakan para siswa untuk mencoba berbagai alat praktikum di Laboratorium Fisika di ITERA, layaknya menjadi mahasiswa ITERA sehari.

"Karena dengan praktik langsung dinilai akan lebih memberikan kesan dan para siswa dapat mengetahui kegunaan alat secara langsung," tuturnya.

Senada, Ketua Program Studi Fisika S1 Dr. Indra Pardede juga menyambut baik kedatangan para siswa.

Dr. Indra berharap dengan kegiatan tersebut, siswa akan mendapat pengalaman kuliah dan pendalaman terkait ilmu fisika langsung dari para dosen Prodi Fisika ITERA.

Dalam sesi pemaparan materi, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITERA yang juga merupakan Guru Besar Fisika ITB, Profesor Dr. Eng. Khairurrijal menuturkan, fisika memiliki cabang yang masing-masingnya memiliki area riset tersendiri.

Profesor Khairurrijal menjelaskan materi terkait Perkembangan Alat Electrospinning untuk Produksi Membran Serat dan Alat Karakterisasi Membran.

"Harapannya, kegiatan ini menjadi salah satu sarana kepedulian ITERA terhadap pendidikan, khususnya dalam pengembangan ilmu fisika," ucapnya.

Selanjutnya Profesor Khairurrijal mengimbau agar para siswa untuk aktif bertanya terkait materi yang diberikan para dosen, dan selama mengikuti kegiatan peninjauan alat di laboratorium fisika ITERA.

1
3
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini