Share

Hore! KIP Kuliah Dipastikan Berlaku untuk Mahasiswa Vokasi

Binti Mufarida, MNC Portal · Selasa 10 Januari 2023 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 10 65 2743564 hore-kip-kuliah-dipastikan-berlaku-untuk-mahasiswa-vokasi-91CGIcJsBx.jpg Dirjen Diksi Kiki Yulianti. (Foto: Tangkapan layar/Okezone)

JAKARTA - Kemendikbudristek memastikan calon mahasiswa yang akan mendaftar ke Perguruan Tinggi dengan program Vokasi bisa ikut Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah).

“Bagi adik-adik siswa SMA, SMK maupun MA yang berminat masuk ke perguruan tinggi Vokasi, di Vokasi juga tersedia KIP kuliah, ya jadi bisa ikut di dalam sana,” kata Dirjen Pendidikan Vokasi (Diksi) Kemendikbud Ristek Kiki Yuliati saat Konferensi Pers Pembukaan Pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 secara virtual, Selasa (10/1/2023).

Kiki menjelaskan bahwa penyatuan atau integrasi seleksi Mahasiswa Baru ke Perguruan Tinggi Negeri baik itu untuk yang Vokasi maupun yang akademik merupakan wujud dari kesatuan dan integrasi konsep Merdeka belajar.

“Kami harapkan mereka yang berada di SMA, mereka yang berada di SMK dan mereka yang berada di MAN itu atau MA itu dapat secara lebih terbuka memilih melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi,” jelasnya.

Dirinya berharap para calon mahasiswa yang berminat untuk Diploma III dan Diploma IV yang ada di Perguruan Tinggi Negeri Akademik atau D3 dan D4 yang ada di Universitas maupun Institut bisa ikut dalam proses seleksi SNPMB secara bersama-sama.

Follow Berita Okezone di Google News

“Sehingga bagi calon mahasiswa tahun tahun ini tidak ada lagi kebingungan harus mendaftar ke mana cukup mendaftar di satu tempat, mengikuti seleksi di satu tempat pada waktu yang sama sehingga kita semua dapat sama-sama juga berharap hasilnya akan terlihat sekaligus bersama-sama,” kata Kiki.

“Demikian harapan kami. Mudah-mudahan para siswa SMA SMK maupun MA yang berminat atau termasuk juga paket ya pak ya, kalau mereka paket C yang kalau berniat untuk melanjutkan studi dapat mengikuti tes ini secara secara terintegrasi kemanapun Anda berniat untuk melanjutkan studi,” ungkap dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini