Share

Pentingkah Mengikuti Organisasi di Kampus Bagi Mahasiswa?

Evran Siregar, Presma · Rabu 07 Desember 2022 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 65 2722353 pentingkah-mengikuti-organisasi-di-kampus-bagi-mahasiswa-hGuUpW0piO.jpg Ilustrasi/Unsplash

JAKARTA - Mahasiswa adalah salah satu komponen penting dari suatu perguruan tinggi atau universitas.

Menjadi mahasiswa tentunya bukan sesuatu hal yang mudah, tetapi dengan menjadi mahasiswa seseorang bisa berkesempatan untuk lebih banyak belajar sekaligus mengembangkan potensi diri.

Hal tersebut bisa dipelajari salah satunya dengan cara mengikuti dan aktif dalam suatu organisasi, karena banyak sekali keuntungan dari organisasi untuk mahasiswa.

Organisasi mampu mengembangkan diri dengan cara yang lebih bebas dan luas. Tentunya mahasiswa yang mengikuti suatu organisasi akan berbeda dengan mahasiswa yang hanya belajar di kelas saja.

Organisasi dapat melatih kedisiplinan, keberanian dan mengembangkan kemampuan.

Baik kemampuan yang sederhana maupun kemampuan yang baru dan berbeda dari kebanyakan orang.

Follow Berita Okezone di Google News

Namun, keterlibatan mahasiswa dalam berorganisasi jangan sampai di salah gunakan ya.

Dengan berorganisasi diharapkan bisa mencapai tujuan bersama yang efisien dan efektif. Setiap anggota organisasi memiliki peranannya masing-masing sesuai dengan job desk yang dimiliki.

Masih banyak orang beranggapan bahwa berorganisasi merupakan hal yang merepotkan.

Padahal, di sana akan belajar bagaimana bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan suatu masalah. Lalu apa saja manfaat lain dari mengikuti organisasi? Manfaatnya :

1. Menambah Relasi (Expand Your Network)

Manfaat yang paling umum dirasakan pada saat aktif berorganisasi ialah memiliki teman yang cukup banyak, baik teman yang saling terhubung dalam organisasi maupun teman-teman yang berasal dari organisasi kampus lain.

Masuk ke dalam sebuah organisasi berarti bergabung dalam sebuah jaringan. Oleh karena itu, tidak heran jika mahasiswa yang ikut aktif dalam kegiatan organisasi sering kali memiliki relasi yang banyak dari berbagai kalangan.

2. Ajang Latihan Dunia Kerja (Training Arena of Profesional World)

Salah satu hal yang di dapat jika memiliki kemampuan berorganisasi dengan baik adalah kamu pasti akan mudah untuk mengatur banyak orang.

Hal tersebut sangatlah susah dilakukan jika kamu tak memiliki pengalaman sama sekali karena setiap orang pastilah memiliki karakter yang berbeda-beda.

Kamu akan dihadapkan oleh beberapa tanggung jawab yang menuntutmu untuk bisa mengatur banyak orang. Maka dari itu alangkah baiknya kamu harus ikut organisasi mulai dari sekarang.

3. Meningkatkan Bakat dan Menambah Kemampuan Berkomunikasi

 

Soft Skill memang sangat penting untuk ditingkatkan, dengan mengikuti organisasi di kampus, kita bisa meningkatkan skill kita dengan pesat dengan berbagai latihan serta bimbingan dari para senior dan juga dengan mengikuti berbagai lomba-lomba yang diselenggarakan.

Dalam hal tersebut komunikasi yang baik sangat dibutuhkan apalagi jika bekerja dalam sebuah tim tentunya komunikasi yang lancar sangat diperlukan.

4. Belajar Mengatur Waktu

Pentingnya ikut organisasi tidak hanya berdampak pada orang lain, melainkan besar manfaatnya untuk diri sendiri. Semakin dewasa seseorang tentu kegiatannya akan semakin banyak juga.

Pastinya kita tidak ingin waktu terbuang sia-sia, bukan? Di organisasi, kamu bisa lebih menghargai dan mengatur waktu dengan baik.

Hal ini akan berimbas baik untuk kita ke depannya karena akan terbiasa mengatur jadwal-jadwal kegiatan.

Tujuannya agar semua kegiatan bisa dilaksanakan secara terstruktur dan tidak ada kegiatan atau waktu yang terbuang sia-sia.

 

5. Keluar dari Zona Nyaman

 

Pentingnya ikut organisasi memiliki manfaat yang banyak bagi diri sendiri dan orang lain. Kamu akan belajar dan terus belajar mendalami peranan yang dimiliki.

Kamu bisa keluar dari zona yang menjadi zona nyaman dan belajar di dunia lain. Bahkan di dunia yang sulit untuk diperankan.

Dalami peranan yang diberikan oleh organisasi, karena siapa tahu di masa depan kamu akan bekerja dan memerankan peranan yang sama ketika di organisasi.

Jadi, lakukanlah peranan tersebut dengan baik dan pelajari segala hal agar bisa lebih maksimal.

Evran Siregar

 

Aktivis Persma Aklamasi UIR

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini