Share

8 Prospek Kerja Jurusan Teknik Mesin yang Jarang Diketahui

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Rabu 07 Desember 2022 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 65 2722183 8-prospek-kerja-jurusan-teknik-mesin-yang-jarang-diketahui-OPJftIK7IA.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA- Delapan prospek kerja jurusan teknik mesin yang jarang diketahui akan dibahas dalam artikel ini.

Banyak yang mengira jika teknik mesin selalu berkutat dengan mesin kendaraan atau kegiatan perbengkelan saja. Lebih dari itu, jurusan yang mayoritas mahasiswanya laki-laki ini juga mempelajari terkait konversi energi, konstruksi dan perancangan, teknik produksi, juga material.

Prospek kerjanya pun lebih luas bukan hanya bekerja di industri otomotif saja. Bahkan, ada beberapa prospek kerja jurusan saintek satu ini yang tak banyak orang tahu.

Lantas, apa saja prospek kerja jurusan teknik mesin yang jarang diketahui? Untuk mengetahuinya, simak rangkuman okezone berikut ini.

1. Bekerja di Industri Pertambangan

Industri pertambangan umumnya dikenal dengan lpangan pekerjaan orang-orang teknik, terkhusus teknik pertambangan. Namun ternyata jurusan teknik lainnya juga bisa terjun ke industri satu ini. Nantinya para lulusan teknik ini akan bertugas di bagian perawatan dan pemeliharaan dari mesin-mesin yang digunakan di lapangan.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Desainer Mekanik

Di masyarakat umumnya bekerja sebagai desainer berkutat dengan fesyen atau desain grafis. Namun ternyata jurusan teknik mesin juga terjun dalam bidang desain.

Bahkan  pekerjaan satu ini termasuk pekerjaan yang sangat menjanjikan bagi lulusan teknik mesin. Bagaimana tidak, dalam membuat mesin baru tentunya dibutuhkan seseorang untuk merancang desain yang sesuai.

3. Wartawan Rubrik Otomotif

Sebagai ahli otomotif, lulusan jurusan ini tak melulu bekerja sebagai teknisi otomotif. Akan tetapi bisa menjadi wartawan atau penulis lepas yang berfokus pada rubrik otomotif. Kini, pekerjaan satu ini menjadi salah satu pekerjaan yang populer.

4. Bekerja Sebagai Pengontrol Lingkungan

Tak melulu tentang mesin, lulusan teknik mesin juga bisa bekerja di bagian kontrol lingkungan. Bukan tentang lingkungan secara luas, namun mengontrol suhu dalam sebuah ruangan.

 5. Bekerja di Konversi Energi

Seperti disebutkan sebelumnya, jurusan ini juga mempelajari tentang konversi energi. Tak heran jika lulusan ini juga bisa bekerja di konversi energi yang bertanggung jawab merancang sebuah mesin yang nantinya bisa mengubah bentuk energi satu ke energi yang lain.

6. Bekerja di Industri Bioteknologi

Pekerjaan bioteknologi tak hanya ditujukan untuk lulusan bioteknologi saja, teknik mesin pun dapat menjajaki bidang ini. Nantinya, lulusan tekni mesin akan berperan membuat alat yang sekiranya cocok dengan apa yang dibutuhkan oleh bidang teknologi.

7. Bekerja di BUMN

Jurusan teknik mesin juga sangat dibutuhkan dalam salah satu Badan Usaha Milik Negara, yakni PLN. Bidang listrik diketahui menjadi ladang penghasilan baru bagi para lulusan jurusan teknik mesin.

8.Dosen

Tak hanya bekerja di perusahaan, lulusan teknik mesin juga berpeluang kerja lulusan teknik mesin adalah menjadi seorang dosen. Terutama bagi yang suka menerangkan materi, bisa menjadikan pekerjaan ini sebagai profesinya saat lulus.

Itulah 8 prospek kerja jurusan teknik mesin yang jarang diketahui.

 (RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini