Share

Contoh Hewan yang Mempunyai Sistem Peredaran Darah Terbuka

Aryo Hadi Wibowo, Okezone · Selasa 06 Desember 2022 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 624 2721801 contoh-hewan-yang-mempunyai-sistem-peredaran-darah-terbuka-iNIyJ46LOc.jpg Ilustrasi/Unsplash

JAKARTA - Contoh hewan yang melakukan pembuahan di dalam tubuh akan dibahas pada artikel kali ini. Sistem peredaran terjadi pada manusia dan makhluk hidup lainya misalnya hewan.

Sistem peredaran darah merupakan suatu sistem organ yang memiliki fungsi memindahkan zat ke sel dan dari sel.

Sistem peredaran darah ini yang menjaminkan kelangsungan hidup organisme, dan mahluk hidup.

Jika manusia, kita tahu dan mengenal tentang peredaran darah besar dan peredaran darah kecil, namun pada hewan terdapat peredarah darah terbuka yang akan menjadi perbincangan dalam artikel kali ini.

Kali ini Okezone.com mencoba membahas tentang hewan yang mempunyai sistem peredaran darah terbuka.

Peredaran darah terbuka pada hewan yakni sistem peredaran darah ke seluruh tubuh atau jaringan yang tidak selalu melewati pembuluh darah.

Follow Berita Okezone di Google News

Peredaran darah terbuka pun juga dibantu oleh gerakan otot tubuh hewan. Oleh sebab itu, tekanan darah pada sistem peredaran darah terbuka ini rendah sehingga aliran darahnya lambat.

Organ sistem peredaran darah terbuka lebih terbatas. Organ penyusunya pun terdiri hanya jantung, sejumlah rongga, dan sejumlah arteri.

Peredaran darah ini lebih mudah dijumpai pada hewan-hewan kecil yang memiliki metabolisme rendah dan sistem organ lainya tidak begitu aktif.

Adapun contoh hewan yang mempunyai sistem peredaran darah terbuka adalah, arthropoda seperti belalang, capung, laba-laba, kepiting, serangga dan udang.

Sistem peredaran darah terbuka pada dan udang, darah akan mengalir melewati insang tanpa pembuluh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini