Share

Contoh Hewan Vertebrata yang Bergerak Menggunakan Otot Perut

Rafid Ahmad Fauzi, Okezone · Rabu 07 Desember 2022 06:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 624 2721793 contoh-hewan-vertebrata-yang-bergerak-menggunakan-otot-perut-do308N7p2t.jpg Ilustrasi/Unsplash

JAKARTA - Hewan vertebrata adalah kelompok hewan yang memiliki tulang belakang. Terdapat banyak hewan yang memiliki tulang belakang, namun hanya beberapa yang bergerak menggunakan otot perut.

Hewan vertebrata memiliki ciri bagian organ yang dilindungi oleh rangka dalam atau endoskeleton. Termasuk juga bagian otak yang dilindungi oleh tulang-tulang tengkorak atau cranium.

Selain itu, hewan vertebrata memiliki sistem organ tubuh yang lengkap, seperti alat pencernaan yang memanjang dari mulut hingga anus.

Hewan vertebrata hidup di berbagai macam habitat dan alat pernapasan yang berbeda-beda. Mereka ada yang hidup di darat, laut, dan di dua habitat.

Klasifikasi hewan vertebrata terdiri dari pisces, amphibia, reptilia, aves, dan mamalia.

Lalu, hewan vertebrata apa saja yang bergerak menggunakan otot perut? Berikut penjelasannya:

1. Ular

Ular merupakan hewan vertebrata golongan reptil. Ular tidak memiliki kaki, sehingga mereka bergerak menggunakan otot perut.

Follow Berita Okezone di Google News

Ular memiliki banyak jenis, seperti di Indonesia terdapat ular kobra, ular weling, ular tanah, ular hijau ekor merah, dan lain-lain.

Ular adalah reptil yang cukup berbahaya, jika bertemu ular yang cukup besar lebih baik meminta bantuan seseorang untuk mengevakuasi.

2. Caecilian

Caecilian atau sesilia merupakan hewan vertebrata golongan amphibia.

Caecilian memiliki bentuk seperti cacing besar, namun hewan tersebut bukanlah salah satu jenis cacing.

Caecilian juga sama seperti ular yang tidak memiliki alat gerak, sehingga mereka bergerak menggunakan otot perut.

Caecilian termasuk hewan yang sangat langka, mereka hidup di wilayah tropis dan banyak ditemukan di dekat sungai dan rawa-rawa.

Kedua hewan tersebut merupakan hewan vertebrata yang bergerak menggunakan otot perut. Semoga membantu!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini