Share

Sebanyak 13 Mahasiswa UNS Sabet Medali dalam Pomnas XVII

Natalia Bulan, Okezone · Senin 05 Desember 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 65 2720972 sebanyak-13-mahasiswa-uns-sabet-medali-dalam-pomnas-xvii-wcTgqaTf8h.jpeg 13 mahasiswa UNS sabet medali di Pomnas XVII/Dok. UNS

SOLO - Sebanyak 13 mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil menyabet medali dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVII 2022.

Raihan tersebut turut menyumbangkan prestasi bagi Jawa Tengah sehingga dapat finish pada urutan kedua setelah Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.

 BACA JUGA:Rektor UNS Lepas Sukarelawan Sorti Kedua ke Cianjur

Pomnas XVII Tahun 2022 digelar selama sepuluh hari pada 17-26 November 2022 di Padang. Medali yang diraih oleh atlet UNS berasal dari berbagai cabang olahraga (cabor), antara lain bulu tangkis, pencak silat, atletik, futsal, sepak takraw, renang, dan taekwondo.

 

Salah seorang atlet UNS yang berhasil meraih medali emas cabor pencak silat nomor tanding kelas E: +65 s/d 70 kg putri, Zidni Rahma Amaly mengaku sangat bersyukur dapat menyabet medali emas.

 BACA JUGA:Membanggakan! Tim Bengawan UV UNS Raih Tiga Gelar dalam KKCTBN 2022

“Alhamdulillah, barakallah saya sangat bersyukur berhasil menjemput kekasih, yaitu medali emas karena Pomnas adalah salah satu event bergengsi di kalangan mahasiswa. Dengan kemenangan ini, saya bisa membuat bangga keluarga, teman-teman, pelatih, provinsi, dan termasuk membawa nama baik universitas. Semoga bisa membuka banyak peluang bagi saya untuk meraih kesuksesan yang lainnya,” tuturnya, Minggu (4/12/2022).

Medali emas yang diraih Zidni merupakan emas pertama yang Ia dapatkan di Pomnas pertama dan terakhir, mengingat saat ini Ia telah duduk di semester akhir.

Follow Berita Okezone di Google News

“Pomnas ini merupakan yang pertama dan terakhir bagi saya. Saat Pomnas 2019, saya tidak bisa mengikuti event tersebut karena sedang menjalani perawatan pasca operasi. Jadi, untuk Pomnas tahun ini, saya berusaha sekuat tenaga memperjuangkan medali emas,” imbuh mahasiswi Program Studi (Prodi) Pendidikan Kepelatihan Olahraga (Penkepor) Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS.

Selain Zidni, Fiery Mufti Eldison dari cabor bulu tangkis juga berhasil mempersembahkan dua medali bagi kontingen Jawa Tengah, yaitu medali perunggu nomor tunggal putra dan perunggu nomor beregu putra.

Fiery merupakan mahasiswa semester tiga Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) FKOR UNS.

Meskipun Pomnas 2022 merupakan Pomnas perdananya, tetapi Fiery dapat menyabet dua medali sekaligus.

“Meskipun belum yang terbaik, tetapi saya tetap bersyukur dengan hasil ini karena target pribadi saya yang penting naik podium dulu,” ungkapnya.

Saat semi final nomor individu, Ia dihadang oleh Gilang Abdillah, wakil dari Jawa Timur dengan skor 15-21, 17-21.

Pada set kedua, Fiery sempat memimpin skor. Namun, Ia hilang fokus sehingga lawan membalikkan keadaan dan membuatnya kalah straight game.

Sementara, pada nomor beregu putra, Ia turun mewakili Jawa Tengah melawan Jawa Timur di semi final. Ia juga ditundukkan oleh Gilang Abdillah dengan skor 17-21, 21-12,17-21.

“Semoga saya bisa belajar dari kekalahan di Pomnas ini. Saya berharap bisa mengikuti Pomnas lagi tahun berikutnya,” harapnya.

Berikut, daftar atlet UNS yang berhasil meraih medali dalam Pomnas XVII 2022.

Cabor Atletik

- Emas Lompat Jangkit Putra: Agung Wahyudi

- Perunggu 4 x 100 m Estafet Putri: Shofi Hilda Mahandra

Cabor Bulu Tangkis

- Perunggu Nomor Tunggal Putra: Fiery Mufti Eldison

- Perunggu Nomor Beregu Putra: Fiery Mufti Eldison

Cabor Futsal

- Perunggu Beregu Putri: Elika Dewi Amartya Putri, Khoirotin Khisan, Ainayati Aliah

Cabor

Pencak Silat

- Emas Nomor Tanding Kelas A: 45 s/d 50 kg Putra: Khoirudin Mustakim

- Emas Nomor Tanding Kelas E: + 65 s/d 70 kg Putri: Zidni Rahma Amaly

Cabor Renang

- Perunggu Nomor 200 M Gaya Bebas Putri: Fauziyyah Rahma Prastista

Cabor Sepak Takraw

- Emas Nomor Quadrant Putra: Said Al Khodri

- Perak Nomor Beregu Putri: Rahma Tria Shabrina

- Perak Nomor Quadrant Putri: Rahma Tria Shabrina

- Perunggu Nomor Double Event Putri: Rahma Tria Shabrina

Cabor Taekwondo

- Emas Nomor U–53 (49,01–53,00 Kg): Putri Lifiardiva Rasikah An Khanam

- Emas Nomor >73 Kg Putri: Amelia Putri Wibowo

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini