Share

Contoh Hidup Rukun di Rumah Bersama Keluarga Tercinta, Salah Satunya Saling Mendukung

Cita Zenitha, MNC Portal · Senin 05 Desember 2022 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 624 2720857 contoh-hidup-rukun-di-rumah-bersama-keluarga-tercinta-salah-satunya-saling-mendukung-LD49GdgQn4.jpg Ilustrasi (Foto: Wsandb)

JAKARTA- Berikut contoh hidup rukun di rumah untuk membangun keluarga harmonis. Hidup rukun merupakan bentuk ketentraman dan ketenangan dalam hidup.

Membangun hidup rukun harus dimulai sejak dini bersama keluarga. Kerukunan dalam keluarga menciptakan keharmonisan antara ayah, ibu, dan anak. Setiap individu dalam keluarga berkewajiban menjaga kerukunan.

Lantas, apa saja bentuk kerukunan bersama keluarga? Berikut adalah contoh hidup rukun di rumah bersama keluarga tercinta berikut rangkumannya:

1. Makan Bersama

Makan bersama dapat mengeratkan hubungan dalam keluarga. Melalui makan bersama, anggota keluarga dapat berbagi kehangatan melalui obrolan kecil.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Menghormati Orangtua

Orang tua berjasa dalam memberikan kehidupan kepada anaknya. Mereka berkorban memberikan waktu, tenaga, dan harga untuk memberikan kenyamanan untuk sang buah hati. Sebagai anak, sudah sepatutnya menghargai dan menghormati orang tua.

3. Menyayangi Kakak atau Adik

Kakak atau adik merupakan saudara yang memiliki hubungan erat. Hubungan kakak adik tentu ada pasang surutnya. Walau begitu, sebagai kakak atau adik tetap harus saling menyayangi.

4, Membantu Melakukan Pekerjaan Rumah

Pekerjaan rumah merupakan kewajiban setiap individu di dalam rumah. Ada baiknya bahu membahu membagi pekerjaan rumah supaya beban lebih ringan.

Misalnya adik memberekan tempat tidur, kakak menyapu rumah, ayah membersihkan halaman, dan ibu memasak

5. Saling Mendukung Hobi atau Kegemaran

Tentu sangat senang rasanya jika mendapat dukungan dari anggota keluarga atas hobi atau kegemaran. Dengan saling memberi dukungan, kehangatan dalam keluarga dapat tercipta.

6.Saling Menghormati Hak Setiap Individu

Saling menghormati hak adalah salah satu cara membangun hidup rukun. Setiap anggota keluarga pasti memiliki hak masing-masing di dalam rumah. Untuk itu, hormatilah hak masing-masing individu dalam keluarga.

7.Tidak Pilih Kasih

Individu dalam keluarga sebaiknya menciptakan sikap adil dan tidak pilih kasih. Ketimpangan kasih sayang menyebabkan rasa iri dalam keluarga. Hidup adil dan tidak pilih kasih menciptakan kerukunan dan ketentraman.

Demikian contoh hidup rukun di rumah yang harus diketahui. Untuk membangun hidup rukun mulailah dengan komunikasi yang baik.

 (RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini