Share

7 Hewan yang Mempunyai Gigi Terbesar di Dunia, Salah Satunya Sudah Punah

Cita Zenitha, MNC Portal · Senin 05 Desember 2022 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 624 2720815 7-hewan-yang-mempunyai-gigi-terbesar-di-dunia-salah-satunya-sudah-punah-DsrdMLaQic.jpg Ilustrasi (Foto: Novinite)

JAKARTA- Tujuh hewan yang mempunyai gigi terbesar di dunia sangat menakjubkan.

Struktur gigi setiap hewan di bumi berbeda-beda. Gigi hewan darat tentunya akan berbeda dengan hewan laut. Perbedaan struktur gigi tergantung pada tekstur makanan mereka.

Gigi menjadi organ tubuh paling kuat dari organ lainnya. Ahli paleontologi dan ahli biologi evolusi mengatakan, gigi penting dalam memahami fosil hewan. Dari berbagai jenis gigi hewan, ada hewan yang memiliki gigi paling besar.

Dilansir dari Ethicare Dental, berikut 7 hewan yang mempunyai gigi terbesar di dunia:

7. Paus Sperma

Paus Sperma merupakan paus yang memiliki gigi terbesar dari jenis paus lainnya. Gigi mereka dapat dapat terlihat dari dari rahang bagian bawah. Berat gigi paus sperma dapat mencapai satu kilo dengan panjang 18 cm.

Tidak seperti mamalia lainya, paus sperma tidak menggunakan giginya untuk makan. Mereka menggunakan giginya untuk bertarung atau sekedar memamerkannya kepada pejantan lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

6. Smilodon

Dari semua hewan predator mungkin singa modern menjadi hewan dengan gigi terbesar. Tapi ternyata, smilodon atau kucing bergigi pedang memiliki gigi lebih besar. Hewan asli Amerika Utara dan Selatan memiliki sepasang gigi besar pada bagian depan. Gigi mereka dapat mencapai panjang 23 cm

5. Babi Hutan

Babi hutan menjadi hewan dengan gigi besar selanjutnya. Gigir mereka tampil lebih menonjol dan begitu tajam pada bagian moncong mereka. Ukuran taring babi hutan dapat mencapai 23 cm.

Babi hutan tidak menggunakan taringnya untuk makan, tetapi untuk membawa mangsanya. Taring babi hutan jantan dapat tumbuh lebih besar dan lebih panjang.

4. Tyrannosaurus rex

Tyrannosaurus rex masuk daftar hewan bergigi besar di dunia. Gigi tyrannosaurus rex sangat besar dan menakutkan. Dengan panjang sekitar 30 cm, gigi Tyrannosaurus rex dapat menggigit dan merobek mangsa dengan kuat.

3. Walrus

Walrus merupakan mamalia laut sirip besar yang memiliki taring panjang dan besar. Panjang taring walrus mampu mencapai 5 m berdiameter 13 cm.

Tarung besar mereka dapat mengoyakan es setebal 20 cm. Walrus lebih banyak menggunakan taring mereka untuk bertarung dan membantu mereka keluar dari air.

2. Gajah Afrika

Gigi gajah Afrika merupakan gigi sering yang telah termodifikasi sehingga dapat memanjang. Gajah Afrika memiliki taring mencapai 6 meter. Tering mereka dapat luar biasa tumbuh seumur hidup sekitar 18 cm.

1. Mastodon

Mastodon memegang rekor sebagai hewan dengan gigi terbesar di dunia. Mastodon adalah hewan prasejarah, nenek moyang dari gajah modern saat ini. Gigi mereka menjadi gading besar, panjang, dan melengkung ke atas.

Demikian 7 hewan yang mempunyai gigi terbesar di dunia sangat menakjubkan.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini