Share

Termasuk Wolverine, Ini 10 Hewan Paling Bau di Dunia

Rina Anggraeni, Okezone · Rabu 30 November 2022 20:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 624 2717914 termasuk-wolverine-ini-10-hewan-paling-bau-di-dunia-i0zOsygCsl.jpg Ilustrasi (Foto:Monash University)

JAKARTA- Ada 10 hewan paling bau di dunia menarik diulas. Aroma tubuh hewan yang tidak enak ternyata salah satu mekanisme pertahanan diri.

Jika mereka merasa terancam, mereka akan melepaskan semprotan berbahaya yang akan menghalangi pemangsa. Berikut 10 hewan paling bau di dunia dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kaki Seribu

Ketika kaki seribu merasa dalam bahaya, mereka meringkuk menjadi spiral. Serta mengeluarkan cairan berbau menjijikkan yang menghalangi banyak hewan yang memangsa mereka.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Hoatzin

Hoatzin adalah burung langka yang memiliki aroma menyengat. Adapun, burung tropis berasal dari Amazon dan Delta Orinoco, Amerika Selatan.

Armoa baunya ini berasal fermentasi bakteri di bagian depan usus untuk memecah bahan nabati. Serta adanya senyawa aromatik di daun yang mereka makan dikombinasikan dengan proses fermentasi.

3. Musang

Musang menggunakan aroma berbau busuk untuk mencegah calon predator.

4. Trenggiling

Hewan ini dianggap sebagai salah satu makhluk paling berbau busuk. Bau menyengat mereka sekitar 4 sampai 7 kali lebih kuat dari musang.

5. Tasmanian Devil

Hewan yang memiliki nama iblis Tasmania ini terlihat sangat garang dan suaranyapun menakutkan. Uniknya, hewan ini memiliki penciuman yang tajam tapi bau tubuhnya sangat menyengat. Banyak orang bilang baunya seperti bau kematian atau kebusukan.

6. Musk Ox Musk On 

Hewan ini terkenal karena memiliki bulu yang tebal dengan bau yang kuat. Berbeda dari yang lain, Musk Ox mengeluarkan bau untuk menarik perhatiaan hewan betina selama musim kawin. Mereka berada di daerah Kutub Utara Amerika Utara dan Greenland.

7. Kutu Busuk

Hewan ini sebenatnya berasal dari Cina, Korea, Jepang, dan Taiwan. kutu busuk ini, dapat di jumpai di luar daerah tersebut. Bau tidak enak tersebut dihasilkan olehnya karena bahan kimia yang dikeluarkan dari kelenjar perut ketika sedang terancam.

8. Wolverine

Wolverine merupakan anggota keluarga musang yang pemalu. Hewan ini, sebenarnya jarang terlihat oleh manusia. Mereka memiliki kelenjar yang mengeluarkan cairan guna menandai wilayahnya.

Ia diketahui menyempotkan sisa makanannya dan menguburnya sehingga bisa memakannya kembali.

Tujuannya, membantu mereka menemukannya kembali untuk dimakan nanti, dan akibat baunya tidak ada yang merebutnya.

9. Kumbang Bombradier

Kumbang yang satu ini paling terkenal dengan mekanisme pertahanan yang tercermin dari namanya. Ketika terganggu, mereka akan mengeluarkan semprotan kimia berbahaya yang berasal dari ujung perutnya.

Kumbang jenis ini, menyimpan dua bahan kimia terpisah dalam tubuhnya, hidrokuinon dan hydrogen peroksida. Hewan ini diketahui dapat menyemprotkan hingga empat kali panjang tubuhnya dan hal ini bisa berakibat fatal bagi serangga lain serta rasa sakit bagi kulit manusia.

10. Gajah

Hewan terbesar ini memiliki aroma yang tidak enak. Sebab, pori-pori mereka tidak hanya mengeluarkan hormon yang tidak menyenangkan, tetapi 80 galon urin pekat merembes melalui kulit mereka setiap hari.

 (RIN)

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini