Share

7 Kampus dengan Jurusan Biologi Terbaik di Indonesia, Ada yang Jadi Incaranmu?

Insan Kamil Rizqilillah, Okezone · Minggu 04 Desember 2022 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 04 65 2720354 7-kampus-dengan-jurusan-biologi-terbaik-di-indonesia-ada-yang-jadi-incaranmu-JhNcKekQhQ.jpg Ilustrasi/Unsplash

JAKARTA - Biologi adalah sebuah ilmu alam dalam mempelajari kehidupan serta organisme hidup seperti struktur, fungsi, persebaran, evolusi, pertumbuhan, dan taksonominya.

Jurusan Biologi juga merupakan cabang dari ilmu IPA yang sama halnya dengan kimia dan fisika.

Prospek kerja bagi lulusan Biologi juga cukup menjanjikan. Jurusan Biologi cukup banyak tersedia di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Bagi mahasiswa baru yang ingin masuk jurusan Biologi di PTN, berikut beberapa PTN dengan program studi Biologi terakreditasi unggulan.

1. Universitas Negeri Malang (UM)

Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang berada di bawah FMIPA. Jurusan Biologi bermula ketika dari salah satu jurusan yang dimiliki oleh Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Malang yang didirikan pada 18 Oktober 1954.

Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang memiliki visi untuk menjadi jurusan yang unggul dan menjadi rujukan dalam Tridharma Perguruan Tinggi dalam bidang Biologi dan pembelajarannya.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Universitas Brawijaya (UB)

Program Studi Biologi FMIPA Universitas Brawijaya (UB) ini berada di Kota Malang. Sejak Agustus 1987, mulai menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran terhadap mahasiswa S1.

Profil lulusan Program Sarjana Biologi memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional di bidang pendidikan (dosen/guru/peneliti,studi lanjut), industri, pelopor masyarakat, dan bio-wirausahawan.

3. Universitas Negeri Padang (UNP)

 

Universitas Negeri Padang (UNP) merupakan hasil dari perubahan IKIP Padang menjadi universitas.

Pada awalnya bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) dan berdiri sejak 1 September 1954.

Jurusan Biologi di UNP terdiri dari dua program studi, yakni Program Studi Pendidikan Biologi dan Program Studi Biologi.

Kedua program studi tersebut memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperoleh dan mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan lain sesuai dengan tuntutan bidang ilmu Biologi.

4. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY terdapat dua program studi, yakni Program Studi Biologi dan Program Studi Pendidikan Biologi.

Jurusan ini memiliki laboratorium terpadu dalam satu bangunan 3 lantai, seperti Lab Mikrobiologi, Bioteknologi, dan Riset, Lab. Botani, Lab Zoologi, dan sebagainya.

Selain itu, laboratorium tersebut dilengkapi juga dengan ruang perpustakaan, ruang komputer dan internet, ruang workshop media pembelajaran dan ruang untuk klinik microteaching.

5. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) didirikan pada tanggal 19 September 1955.

Dengan visi Fakultas Biologi UGM yaitu menjadi Fakultas dengan program studi yang unggul di tingkat internasional, sebagai pusat pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang biologi, khususnya biologi tropika, yang berorientasi pada kepentingan bangsa dan berdasarkan Pancasila.

 

6. Universitas Indonesia (UI)

Departemen Biologi FMIPA UI awalnya bernama Jurusan Biologi FIPIA UI yang kemudian berubah menjadi Departemen pada tahun 2004 silam.

Profil lulusan yang ingin dicapai yaitu sarjana Biologi yang mampu merancang solusi atas beragam masalah secara profesional dan beretika berdasarkan metode ilmiah dengan menggunakan konsep Biologi, terutama konservasi dan prospeksi biodiversitas.

7. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Program studi sarjana Biologi ini sebagai salah satu program studi Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITB) ITB.

Prodi Sarjana Biologi ini fokus pada kajian sistem biologis, mulai dari yang terkecil, yaitu sel, sampai dengan sistem terbesar, yakni bumi atau biosfer.

Salah satu fokus pengajaran dan penelitiannya yaitu penggunaan big data.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini